blank
Direktur Diseminasi Statistik BPS, Dr. Pudji Ismartini tengah memberikan kuliah umum dalam acara  Peresmian Pojok Statistik di FMIPA UNS , Senin (20/12). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Pusat Statistik (BPS) bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendirikan Pojok Statistik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) setempat.

Peresmian Pojok Statistik oleh Direktur Diseminasi Statistik BPS , Dr. Pudji Ismartini dalam acara yang berlangsung di Aula FMIPA UNS, Senin (20/12). Pada acara peresmian nampak hadir mendampingi Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Adhi Wiriana, Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto dan Dekan FemMIPA UNS, Harjana, Ph. D .

Direktur Diseminasi Statistik BPS, Dr. Pudji Ismartini mengatakan, keberadaan Pojok Statistik sebagai bentuk layanan kolaboratif yang dilakukan BPS sebagai penyelenggaran pelayanan publik. Sampai saat ini sudah ada tujuh Pojok Statistik di perguruan tinggi.

Tahun depan kami targetkan semua provinsi sudah memiliki  Pojok Statistik minimal satu. Selama ini respon perguruan tinggi sangat baik, karena memang kebutuhan datanya cukup tinggi. Kehadiran Pojok Statistik  diharapkan dapat mendekatkan BPS ke mahasiswa dan akademisi sebagai sekmen terbesar mengguna data BPS

Kehadiran Pojok Statistik juga untuk mendukung program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Pengunjung bisa melakukan konsultasi statistik, lalu ada edukasi statistik yang layanannya bersifat tematik dan terjadwal. Untuk jadwalnya bisa diakses di pojokstatistik.bps.go.id serta Pojok Statistik ini juga dilengkapi dengan data-data statistik dalam bentuk infografis dan videografis,” terangnya.

Sebelumnya Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana mengatakan Pojok Statistik merupakan terobosan dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Keberadaan Pojok Statistik di FMIPA UNS ini merupakan Pojok Statistik pertama di Jawa Tengah.

“Sudah kami petakan bahwa 58 persen pengguna data statistik di Jateng adalah mahasiswa dan sivitas akademika. Dari empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jateng, yaitu Undip, Unsoed, Unnes dan UNS, nah Pojok Statistik di FMIPA UNS ini merupakan yang pertama,” jelas Adhi.

Masih dalam kesempatan sama Dekan FMIPA UNS, Harjana, Ph. D mengatakan sangat bangga bisa menjadi bagian Pojok Statistik dari BPS.  Keberadaan Pojok Statistik merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama BPS Jateng dengan UNS khususnya FMIPA yang memiliki Prodi Statistik.

“Kami sangat bahagia karena bisa menjadi central pembelajaran statistik di Solo khususnya dan di Jateng pada umumnya. Terima kasih kepada tim BPS Jateng yang sangat berperan aktif mewujudkan Pojok Statistik di FMIPA UNS,” kata Harjana.

Diharapkan, ke depan sarana prasarana dan fungsi Pojok Statistik dapat meningkat menyesuaikan kebutuhan pengunjung.

Sementara itu Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto mewakili  Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho sangat memberikan apresiasi atas diresmikannya Pojok Statistik di FMIPA UNS. “Tadi malam Pak Rektor menyampaikan ke saya bahwa beliau sangat mengapresiasi keberadaan Pojok Statistik ini karena dapat mendekatkan statistik ke masyarakat,” bebernya.

Bagus Adji