blank
Pameran Batik Karimunjawa dimeriahkan dengan koreografi tarian "Shadow Batik" yang dibawakan Nurohmad dari Rumah Kreatif Dongaji Dongaji Batik Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta dan Sanggar Tari Jaladri Karimunjawa

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 12 orang warga Desa Karimunjawa terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri  mengikuti pelatihan membatik selama 6 hari dari tanggal 22 – 27 Nopember 2021 di gedung Puskesmas lama Kecamatan Karimunjawa.

“Pelatihan membatik kali ini merupakan kelanjutan dari pelatihan membatik yang telah dilaksanakan pada Bulan Oktober 2021 lalu”, kata Fahrul Alim, penggagas kegiatan pelatihan membatik.

Fahrul mengatakan, antusiasme membatik di kalangan ibu-ibu dan remaja putri sangat bagus, sehingga kami mengusulkan agar menjadikannya sebagai  kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat  di masa pandemi.

blank
Nurohmad dari Rumah Kreatif Dongaji Dongaji  Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta memberikan penjelasan pada pengunjung pameran prosespembuatan batik cap kertas motif Dewandaru

“Alhamdulillah, walau melalui proses yang cukup panjang, akhirnya pihak Pemerintah Desa Karimunjawa merespon dengan memberikan anggaran Rp. 15 juta dari Dana Desa di APBDes 2021”, lanjut Fahrul yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karimunjawa.

Selanjutnya, kami menggandeng Rumah Kreatif Dongaji  Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta pimpinan Nurohmad untuk melatih membatik cap menggunakan canting kertas bekas.

blank
Pameran Batik Karimunjawa karya warga desa Karimunjawa

“Hasil dari pelatihan membatik tersebut  kemudian kita pamerkan di Aula Kecamatan yang dibuka Pak Carik Ngatiman”, kata Fahrul.

Dalam  sambutannya pada pembukaan Pameran Batik,  Sekretaris Desa Karimunjawa Ngatiman menyambut baik pelatihan membatik tersebut.

.”Kami berharap pelatihan membatik yang dibiayai dari Dana Desa tahun 2021 bisa berkelanjutan, sehingga para wisatawan yang ke Karimunjawa nantinya tidak hanya membeli ikan asin tapi juga membeli cinderamata berupa batik khas Karimunjawa”, kata Ngatiman.

blank
Batik motif Tanjung Biru dan Kalimosodo  sebuah terobosan kreatif agar wisatawan tidak hanya membeli oleh-oleh ikan asin

Pameran Batik Karimunjawa dimeriahkan dengan koreografi tarian “Shadow Batik” yang dibawakan Nurohmad dari Rumah Kreatif Dongaji dan Sanggar Tari Jaladri Karimunjawa.

blank
Nurohmad dari Rumah Kreatif Dongaji Dongaji Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta

Rumah Kreatif Dongaji Batik telah menghasilkan karya batik motif khas Karimunjawa, yakni : motif dewadaru, motif kalimasada, motif setigi dan stilisasi biota laut Karimunjawa.

Hadepe – Yankz