Ilusttrasi anggota KORPRI dalam suatu upacara. ( Foto : dokumentasi )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bupati Jepara Dian Kristiandi, menurut Abdul Syukur Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korpri Kabupaten Jepara,  pada hari ini Minggu (28/11-2021), akan menyerahkan santunan dari Dewan Pengurus Korps Pewawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Jepara kepada tiga Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) esok hari (29/11-2021). Santunan akan diberikan kepada 25 anak anggota KORPRI golongan 1 dan pegawai harian lepas yang berprestas .

“Santunan diberikan kepada LKSA masing-masing Rp. 5 juta dan santunan untuk 25 anak anggota Korpri berprestasi masing-masing Rp. 200 ribu. LKSA yang disantuni yakni LKSA Muhammadiyah, Al Islah, dan Miftahul Jannah,” kata Abdul Syukur.

Penyerahan santunan ini merupakan program rangkaian upacara HUT KORPRI tingkat Kabupaten Jepara. Program lainnya yaitu ziarah ke taman makam pahlawan dan pemusnahan minuman beralkhohol hasil operasi Satpol PP – Damkar Kabupaten Jepara, yang telah disidangkan tipiring di Pengadilan Negeri Jepara dan telah dilakukan inkracht. Program sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah.

Selain santunan, Bupati Dian Kristiandi sebagai inspektur upacara juga akan menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba HUT ke-50 KORPRI tingkat Kabupaten Jepara yang diselenggarakan Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Jepara.  Rencananya, penyerahan hadiah secara simbolis oleh Bupati hanya kepada juara 1. “Setiap pemenang mendapat piala, piagam, dan uang pembinaan. Juara 1 pada sesi setiap lomba menerima hadiah secara simbolis dari Bapak Bupati,” ujar Abdul Syukur.

Diskominfo meraih 4 gelar dari 7 lomba yang diselenggarakan dalam lomba HUT KORPRI ke-50. Panitia memberi 3 sampai 5 gelar untuk setiap kategori lomba mulai dari Juara 1 hingga Juara Harapan 2.

Abdul Syukur menjelaskan ada 7 lomba yang diselenggarakan itu terbagi dalam 12 kategori. Yakni 4 lomba tanpa pemisahan kategori, yaitu pengucap Pembukaan UUD 45, pengucap Pancaprasetya KORPRI, lomba vlog antar unit KORPRI, dan fashion show. Selanjutnya ada 3 lomba dengan kategori berbeda, yakni tenis meja ganda (kategori pretasi dan antar kepala perangkat daerah), lomba pelayanan publik (kategori antar perangkat daerah, antar kecamatan, dan antar puskesmas), dan lomba menulis (kategori pelajar SLTA, mahasiswa, dan anggota KORPRI).

Empat gelar yang diraih perwakilan Diskominfo diraih dari empat lomba berbeda, yaitu  Juara 1 lomba menulis kategori anggota KORPRI diraih oleh Sulismanto, Juara 3 lomba menulis kategori anggota KORPRI diraih oleh M Syafrudin, Juara Harapan 1 lomba vlog, dan Juara Harapan 1 Lomba Fashion show virtual diraih oleh Amelia Nurhayati.

Selanjutnya Setda Jepara meraih 3 gelar, meliputi Juara 1 Lomba Pengucap Pancaprasetyo KORPRI diraih oleh Sufi Hamdani, Juara 2 lomba menulis ketegori anggota KORPRI diraih oleh Adhidya Agung P, dan Juara 3 lomba vlog diraih oleh antar unit KORPRI.

Sementara itu, juara lomba lainnya yaitu lomba Pembukaan UUD 1945 diraih oleh Nurmalia Fitarika beralamatkan Kecamatan Tahunan, lomba Tenis meja ganda antar kepala OPD Bank Jateng diraih oleh Teguh Setiyanto dan Achmad Soni, lomba tenis meja ganda kategori prestasi RSU RA Kartini diraih oleh dr. Mulyohadi dan Abullah Anas, lomba vlog diraih oleh Disdikpora lomba vlog, dan lomba Fashion show virtual diraih oleh Grisia Zaila Ingrid dari MI Hasyim Asy’ari.

Selanjutnya juara 1 tingkat SLTA kategori lomba menulis diraih oleh Bintang Seva Anela dari SMA 1 Bangsri dan juara 1 tingkat perguruan tinggi kategori mahasiswa diraih oleh Falikhatul Ifriza dari Universitas PGRI Semarang.

Adapun kategori tim Juara 1 lomba pelayanan publik diraih oleh DPMPTSP (antar perangkat daerah), Kecamatan Tahunan (antar kecamatan), dan Puskesmas Batealit (antar Puskesmas).

Alvaros