Guru yang Sabar

Kesabaran dalam mengajar menjadi nilai terpenting bagi seorang guru. Karena guru idaman bagi anak didiknya adalah guru yang sabar dalam menghadapi mereka pada saat proses belajar mengajar, apalagi pada masa pembelajaran online saat pandemic covid 19 seperti sekarang ini, yang menuntut seorang guru bisa menguasai hybrid learning ataupun blanded learning dengan segala jenis layanan virtual dan teknologi komputasi lainnya untuk memfasilitasi para anak didiknya.

Sabar di sini memiliki dua makna, yaitu (1) Tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, dan tidak lekas patah hati). (2) Tenang tidak tergesa-gesa, tidak terburu nafsu. Jika seorang guru mampu menguasai dua hal itu maka senantiasa guru tersebut akan menjadi guru idaman bagi anak didiknya.

Guru idaman anak didik adalah guru yang bisa membuat mereka tertawa dan penuh rasa bahagia. Yang dimaksud tertawa disini adalah melahirkan rasa gembira atau rasa senang dan bahagia yang berasal dari dalam hati.

Proses belajar-mengajar perlu diselingi dengan tertawa karena hal ini berpengaruh dengan kesehatan jiwa anak didik dan semangat mereka dalam belajar. Dalam membuat anak didik tertawa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Guru bisa membuat tertawa anak didiknya melalui cerita lucu, dan memberikan komentar pendek yang lucu. Namun perlu di perhatikan jangan sampai seorang guru membuat anak didiknya tertawa namun ada satu anak didik yang merasa dihina. Disini berarti guru yang diidamkan anak didik adalah guru yang lucu namun tidak menghina.