blank
Sebanyak 13 kapal yang terbakar di kawasan pelabuhan Kota Tegal. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polda Jawa Tengah menerjunkan tim laboratorium forensik (labfor) untuk menyelidiki penyebab kebakaran 13 kapal di kawasan pelabuhan Kota Tegal.

Demikian disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, Kamis (18/11/2021).

“Ini dilakukan dalam rangka investigasi ilmiah untuk mengungkap penyebab kebakaran,” kata Iqbal.

Iqbal mengiimbau masyarakat Tegal dan sekitarnya untuk tidak mengunjungi lokasi kebakaran kapal. Hal ini dikarenakan lokasi tersebut sudah terpasang police line dan masih ada kepulan asap serta sisa api meskipun relatif kecil.

“Dikhawatirkan nanti sisa api yang ada bisa menimbulkan resiko ledakan. Jadi lokasi belum aman dan saat ini polisi masih mengamankan lokasi untuk kepentingan olah TKP,” tambah Iqbal.

Pihaknya berharap masyarakat ikut membantu dalam kelancaran penyelidikan polisi. Dengan upaya olah TKP dan penyelidikan yang cermat, diharap penyebab kebakaran segera diketahui dan kasus segera terungkap.

Berdasarkan fakta di lapangan, Iqbal memastikan jumlah kapal yang terbakar ada tiga belas. Sementara saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut sejauh ini ada empat orang.

Iqbal menyebut belum ada taksiran resmi terkait nominal kerugian materi akibat kebakaran tersebut.

“Harga masing-masing kapal berkisar 2-4 M. Namun jumlah resmi taksiran kerugian belum ada,” tandasnya.

Ning