PRESENTASI - Kelompok Kerja (Pokja) II saat presentasi dihadapan tim juri. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Kelompok Kerja (Pokja) II, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal mewakili lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba dilaksanakan dengan paparan dan presentasi kepada tim juri Provinsi Jateng melalui zoom di ruang PKK Pemerintah Kota Tegal, Komplek Balai Kota Tegal, Rabu (10/11/2021). Presentasi profil UP2K PKK Flamboyan Kelurahan Debong Tengah disampaikan dari Kelompok Khusus (Poksus) Khusnul Fadillah dan Kelompok Pelaksana (Poklak) Nur Khasanah.

Dalam presentasinya Khusnul kepada tim juri menyampaikan, keberadaan UP2K Flamboyan di Iingkungan kelurahan, tidak hanya menjadi sarana berkumpul rutin anggotanya. namun lebih dari itu, kader-kader PKK Kelurahan Debong Tengah baik di tingkat Kelurahan, RW, RT maupun Dawis, selalu berusaha memberdayakan diri dan lingkunganya dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

Program UP2K adalah salah satu kegiatan yang dimotori oleh PKK Pokja II, dan dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui pembinaan kelompok-kelompok dengan kegiatan ekonomi produktif, sehingga menumbuhkan kemampuan wira usaha keluarga. Produk unggulan yang diikutkan lomba tingkat Provinsi yakni usaha kripik usus ayam dalam kemasan.

“Lomba diikuti oleh 34 Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah. Dari 34 peserta nantinya diambil enam besar yakni 3 Kabupaten dan 3 Kota,” kata Khusnul disela lomba Rabu (10/11/2021).

Khusnul menjelaskan, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Lomba Business Plan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (UP2K – PKK) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 berlangsung 9-10 November 2021.

Nino Moebi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here