blank
Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto (kiri) menyematkan atribut kepada perwakilan peserta Diklat Satpam Gada Pratama.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, menegaskan, para personel Satuan Pengaman (Satpam) harus memiliki kualifikasi kepolisian terbatas tingkat dasar.

Penegasan orang nomor satu di jajaran Kepolisian Wonogiri, ini disampaikan saat tampil menjadi Inspektur Upacara pembukaan Diklat Satpam Gada Pratama Polres Wonogiri Tahun 2021.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Suwondo dan Kasubsi Penmas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, Diklat Satpam Gada Pratama ini diikuti 63 Peserta dan berlangsung selama dua hari di SMK Gajahmungkur Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, tampil menjadi Perwira Upacara Iptu Mulyadi dan Komandan Upacara Ipda Suyoto. Kepada peserta diberikan teori dan pembimbingan praktik.

Ikut hadir Wakapolres Kompol Kamiran bersama para Kabag, Kasat, Kasi di jajaran Polres Wonogiri, Direktur Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) Suripto dan para instruktur.

Memahami Tupoksi

Kata Kapolres, dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas Satpam yang profesional, maka setiap anggota Satpam harus memahami tugas pokok fungsi (Tupoksi) dan perannya.

blank
Sebanyak 63 orang mengikuti Diklat Satpam Gada Pratama yang digelar oleh Polres Wonogiri.

Diklat Satpam Gada Pratama ini, tandas Kapolres, merupakan kualifikasi kepolisian terbatas tingkat dasar, yang diperuntukkan bagi pembentukan pertama anggota Satpam.

”Setiap anggota Satpam minimal harus memiliki kualifikasi ini,” tegas Kapolres.

Oleh sebab itu, kepada para peserta diharapkan mengikuti Diklat dengan sebaik-baiknya dan selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Semoga nantinya ilmu yang didapat dari Diklat, bermanfaat untuk mendukung pelaksanaan tugas selaku pengemban fungsi kepolisian secara terbatas. Yakni dalam ikut serta mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Mengingat masih ada anggota Satpam yang belum memiliki kualifikasi Gada Pratama, maka unit Kamsa Sat Bimas Polres Wonogiri selaku fungsi pengawasan, akan melaksanakan supervisi dan sertifikasi.

Bambang Pur