Bupati Jepara Dian Kristiandi didampingi oleh Ny. Hesti Nugroho memberikan contoh mencucui tangan pakai sabun yang benar pada siswa SD

JEPARA (SUARABARU.ID) – Saat menjadi pembina apel  peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) Sedunia Tahun 2021 tingkat Kabupaten Jepara di SD Negeri 1 Bringin, Kecamatan Batealit, Selasa pagi (19/10), Bupati Jepara mengajak siswa SD di Jepara untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun.

“Kebiasaan ini efektf untuk mencegah  penularan berbagai penyakit, termasuk  virus corona, disamping memakai masker dan vaksinasi bagi yang telah berusia 12 tahun,.” Ujar Dian Kristiandi.

Bupati Jepara Dian Kristiandi melepas balon peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia tahun 2021

Menurut Bupati Jepara, kebiasaan melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) kian banyak dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan. “Sebagai salah satu upaya efektif mencegah berbagai jenis penyakit, terutama penyakit menular di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dian Kristiandi juga mengungkapkan, berdasarkan  penelitian oleh ahli, kebiasaan  CTPS selama pandemi ini dapat mengurangi risiko infeksi Covid-19 sebesar 36 persen. Karena itu CTPS menjadi salah satu perilaku yang harus dibiasaakan  yang ada di dalam protokol kesehatan.

Bersama bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Jepara Hesti Nugroho beserta pengurus lain. Juga para pejabat pemkab terkait tampak hadir dalam acara yang diikuti para siswa, guru, dan kepala sekolah.

Siswa SD mengikuti senam CTPS, senam ayo minum air, dan senam pinguin

Di hadapan mereka, Dian Kristiandi berharap perilaku CTPS dapat membudaya di seluruh lapisan masyarakat. “Karena CTPS bukan untuk kalangan tertentu, untuk semua masyarakat. Kita selalu edukasi kepada masyarakat harus kita terus tanamkan,” tandas bupati.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa SD Negeri 1 Bringin tampak berbaris rapi, berjarak, dan mengenakan masker, di halaman sekolah. Mereka dari kelas 4, 5, dan 6. Usai mengikuti apel, para peserta mendapat pengetahuan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian bergantian mempraktikkannya, lalu mengikuti senam CTPS, senam ayo minum air, dan senam pinguin.

Sebelumnya, Bupati Jepara Dian Kristiandi juga menyerahkan sejumlah bantuan. Di antaranya dari perlengkapan alat cuci tangan, perlengkapan olahraga, tempat sampah, bibit tanaman dan benih ikan, serta bantuan jamban sehat.

Hadepe

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here