blank
Seorang warga Sewukan, Dukun, divaksin, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Vaksinasi massal dilakukan di halaman Kantor Desa Sewukan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Senin (27/9). Anggota Koramil 15/Dukun, Kodim 0705/Magelang, ikut terlibat dalam kegiatan itu.

Sebelum menerima suntik vaksin, masyarakat harus melalui alur pelayanan vaksin. Yakni melakukan pendaftaran, dilakukan pengukuran tensi darah, di-screening, baru pelaksanaan vaksin. Untuk tahap terakhir penerima vaksin harus menjalani proses observasi selama 30 menit sambil menunggu cetak sertifikat vaksin.

Komandan Koramil 15/Dukun, Kapten Kav Winarto, menerangkan bahwa pelaksanaan vaksin yang diselenggarakan oleh Kesdam IV/Diponegoro dan Kodim 0705/Magelang, bersama Pemerintah Desa Sewukan itu mengalokasikan 1.300 penerima vaksin.

“Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya dari TNI AD dalam membantu pemerintah untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19,” jelas Danramil.

Dia berpesan, meskipun sudah divaksin masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Yakni, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak atau menjauhi/menghindari kerumunan, tidak bepergian kalau tidak untuk keperluan yang sangat penting atau mendesak.

Kepala Desa Sewukan, Yeyen Rifai, bangga melihat antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan vaksin yang sangat bagus. Menurut dia masyarakat semakin sadar akan pentingnya kesehatan agar tidak terpapar virus.

“Kami berharap semoga pandemi ini cepat berlalu dan masyarakat bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti sediakala,” harap Yeyen.

Eko Priyono-Mul