blank
Sejumlah siswa MAN 1 Wonosobo ketika melakukan wisata ziarah di Makam Gus Dur di Jombang Jatim. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Siswa-siswi Kelas XI MAN 1 Wonosobo melakukan wisata ziarah ke makan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Tebuireng Jombang Jawa Timur, Senin (29/4/2024) sore.

Di makam Presiden RI ke-IV itu, siswa membacakan asmaul khusna dan tahlil yang dipimpin Kiai Subur Al Hafidz yang merupakan salah satu pengasuh Asrama Pendidikan Islam (API) MAN 1 Wonosobo.

Wakil Kepala MAN 1 Wonosobo Bidang Kesiswaan Syarif Hidayat, mengatakan wisata ziarah merupakan bentuk aplikasi dari pendidikan karakter dan implementasi moderasi beragama serta pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara langsung di lapangan.

“Selama ini siswa mendapat materi pembelajaran teori SKI di kelas. Kali ini siswa diajak untuk melakukan ziarah langsung ke makam tokoh besar NU yang pernah menjadi orang nomer satu di Indonesia itu,” katanya.

Wisata Kebangsaan

blank
Sejumlah siswi MAN 1 Wonosobo foto bersama di depan monumen asmaul husna di komplek Makam Gus Dur di Jombang Jatim. Foto : SB/Muharno Zarka

Usai dari makam Gus Dur, siswa MAN 1 Wonosob melanjutkan wisata kebangsaan ke Pulau Dewata, Bali. Ada beberapa tempat wisata alam berbasis pantai, budaya, tradisi lokal yang akan dikunjungi.

Tempat wisata yang akan disinggahi siswa antara lain, Tanah Lot dan Pantai Kuta. Juga mengunjungi Pantai Tanjung Benoa, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Pandawa dan pusat oleh-oleh khas Bali.

Siswa juga akan diajak menyaksikan Tari Barong dan melihat keindahan dan keeksotikan Pantai Bedugul. Dengan mengunjungi kekayaan alam dan budaya di Bali siswa diharapkan akan terbuka wawasan kebangsaannya.

“Indonesia itu sarat akan kekayaan budaya dan keindahan alam. Maka siswa MAN 1 Wonosobo diajak untuk mengunjungi sekaligus menikmati anugerah terindah tersebut sehingga terbuka wawasan kebangsaanya,” tandas dia.

Muharno Zarka