blank
Kemenkumham Jateng dalam kegiatan penguatan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jelang tahap evaluasi Tim Penilai Nasional (TPN), Kanwil Kemenkumham Jateng bersama 34 satuan kerja (Satker) kembali mendapatkan penguatan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Penguatan kali ini datang dari Tim Penilai Internal (TPI) Kemenkumham.

Kegiatan yang akan berlangsung selama lima hari ke depan diawali dengan entry meeting yang digelar di aula Kanwil Kemenkumham Jateng, Senin (6/9/2021).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukurnya atas kedatangan TPI dan Staf Ahli Menkumham pada Satker.

“Kami bersyukur bahwa TPI dan staf ahli telah mengunjungi Jateng, bersedia mengawal dan melatih 35 Satker di Jateng, agar bisa sukses dalam kontestasi pada tahap penilaian TPN,” ungkap Yuspahruddin.

Dengan adanya penguatan ini, Yuspahruddin mengharapkan keterlibatan seluruh pihak agar segera berbenah sesuai petunjuk dan pengarahan yang diberikan oleh TPI.

“Sebanyak 35 Satker, termasuk Kanwil harus mengikuti penguatan secara serius dengan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” tegas Yuspahruddin.

Sementara Koordinator TPI Wilayah 4, Ami Amatunisa pada kesempatan tersebut memberikan paparannya yang menjadi penanda dimulainya penguatan oleh TPI.

Ami menegaskan bahwa kunci keberhasilan WBK-WBBM antara lain dukungan pimpinan dan stakeholder, dukungan anggaran, komitmen, budaya pelayanan, membentuk tim yang solid, berani keluar dari zona nyaman, melaksanakan sosialisasi, dan menjadikan pengaduan sebagai dasar perbaikan.

Dirinya juga membagikan lima langkah strategi membangun WBK-WBBM, antara lain komitmen, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi, serta manajemen media.

Entry meeting ini dihadiri langsung oleh Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian, Santosa, Kepala Satuan Kerja se-Kota Semarang, Pejabat Administrasi dan Pejabat Fungsional.

Di lain tempat, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Bambang Setyabudi, dan Kepala Satker serta jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng juga mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

Ning