blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi saat mengunjungi Ponpes Al Munawwir di Gringsing, Kabupaten Batang. Foto: Dok/ist

BATANG (SUARABARU.ID) – Polda Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan 320 ribu dosis vaksin tahap satu untuk para santri dan pengunjung tempat ibadah.

Hal itu disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi saat mengunjungi Ponpes Al Munawwir Gringsing, Kabupaten Batang, Senin (6/9/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda didampingi sejumlah pejabat utama Polda Jateng, yang disambut Forkompimda Batang dan Pengasuh Ponpes Al Munawir, KH Solikhin Syihab.

Para santri dan vaksinator sempat terlibat dialog singkat dengan Kapolda Jateng. Sedangkan untuk target harian vaksinasi adalah 600 orang.

“Hari ini santri Ponpes Al Munawir yang melaksanakan vaksinasi 300 orang. Sisanya dilanjut besok,” ujar salah seorang petugas.

Menurut Luthfi, selain di Ponpes Al Munawir, sasaran vaksinasi juga dipusatkan di 15 pesantren dan sejumlah tempat ibadah. “Untuk dua hari ini di Jateng, kita fokus vaksinasi di 15 ponpes, 5 wihara, 5 klenteng dan 5 gereja. Semua tersebar di 32 titik,” tutur Luthfi.

Saat ditanya alasan pesantren dan tempat ibadah menjadi target kegiatan vaksinasi, Luthfi menyatakan bahwa pemerintah berharap semua titik pemusatan massa dan kelompok masyarakat bisa terjangkau oleh kegiatan vaksinasi.

“Sehingga herd immunity bisa segera tercapai di seluruh lapisan masyarakat,” tandas Luthfi.

Luthfi menyampaikan rasa syukurnya atas penurunan penularan Covid-19 yang cukup signifikan. Namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan taat protokol kesehatan.

“Kegiatan vaksinasi akan terus digalakkan. Apabila upaya ini ditambah kedisiplinan masyarakat dalam mentaati prokes, saya yakin Covid-19 bisa segera turun secara drastis,” ungkapnya optimis.

Ning