blank
Anak Berkebutuhan Khusus Mendapatkan Pendampingan Penuh dalam Pandemi Covid-19. (doc.YPAC/ist.)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan kelompok yang rentan terpapar covid-19.

Kelompok tersebut sangat bergantung terhadap orang tua maupun pendampingnya untuk membantu memenuhi kebutuhan khususnya, termasuk mendukung mobilitas, gerak dan komunikasi.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA RI) bahkan menegaskan diperlukan penanganan yang ekstra dan khusus agar anak berkebutuhan khusus dapat terlindungi dari bahaya Covid-19.

Atas dasar itulah Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi (Tia) merasa perlu untuk memberi perhatian khusus kepada anak berkebutuhan khusus, yang mana masuk dalam kelompok rentan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Dalam rangka itu pun baik Hendi maupun Tia mengunjungi YPAC Kota Semarang di Jalan KH Ahmad Dahlan pada Senin (9/8/2021). Bersama Gerakan Remaja Cegah dan Pantau Covid-19 (GERCEP) Kota Semarang, keduanya aktif memberikan pendampingan kepada anak berkebutuhan khusus di masa pandemi sekarang.

Salah satu kegiatan yang dilakukan mulai dari memberikan vaksinasi hingga pemeriksaaan kesehatan berkala seperti yang dilakukan hari ini. Hendi didampingi Krisseptiana yang juga Ketua Penggerak PKK Kota Semarang, tampak tidak canggung berinteraksi kepada para berkebutuhan khusus yang hadir saat itu.

Keduanya bahkan juga tampak terlihat aktif menenangkan anak – anak yang terlihat sedikit tidak nyaman dalam menjalankan pemeriksaan kesehatan.

“Sudah sudah sudah, baru ditensi saja, nggak disuntik,” tutur Hendi kepada salah satu anak yang dipeluknya karena terlihat ketakutan.

Sedangkan Tia berusaha meyakinkan anak – anak yang lain untuk mau mengikuti arahan para relawan yang membantu pemeriksaan kesehatan tersebut. “Nggak apa – apa, itu om nya baik, takut kenapa?” pungkas Tia.

Tia sendiri yang juga merupakan Ketua Forum Kota Sehat Kota Semarang menyebutkan bahwa pendampingan anak berkebutuhan khusus menjadi bagian dari komitmennya. Dirinya pun juga menyambut baik GERCEP Kota Semarang yang telah aktif mendukung upaya yang dilakukannya.

“Alhamdulillah hari ini adik – adik dari Gercep Kota Semarang aktif membantu memberikan pendampingan. Insya Allah dengan sinergi yang terus terbangun, kami bisa terus mendukung Pemerintah Kota Semarang dalam menangani pandemi Covid-19,” tegasnya.

Hery Priyono