blank
Tabung gas hibah dari Shopee Singapura kepada Pemkot Surakarta tengah dikeluarkan dari terimal kargo Bandara Adi Soemarmo menggunakan forklift. Foto: Ist

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Dua ratus tabung oksigen dengan berat 14,175 ton datang sari Singapura. Barang yang sangat dibutuhkan penderita covid-19 itu mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu 18 Juli 2021.

Kepala Seksi  Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Surakarta  Aries Baroto mengatakan, oksigen sebanyak 200 tabung  yang dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah kepada Pemkot Surakarta.

Hibah tersebut, dalam hal ini diterimakan kepada Dinas Kesehatan Kota Surakarta, yang akan mengelola dan mendistribusikan ke berbagai rumah sakit.

Baca juga 14 Ton Oksigen dari Singapura Tiba di Bandara Adi Soemarmo, untuk Dinkes Surakarta

Menurut Aries, pengeluaran barang hibah terkait tabung oksigen sudah tercantum di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan Covid-19.

“Berdasarkan peraturan tersebut, tabung oksigen masuk dalam kategori barang pembebasan Bea Masuk dan PDRI (Pajak Dalam Rangka Impor)”, terangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Surakarta mendapatkan kiriman 14,175 ton oksigen dari Singapura. Kepastian ini ditandai dengan telah mendaratnya pesawat charter Cargo PT. My Indo Ailines dengan nomor penerbangan B-737-300/400F yang mengangkut oksigen yang dikemas dalam 200 tabung di  Bandara Internasional Adi Soemarmo, pada 17 Juli 2021.

Bagus Adji