blank
Layanan Tokopedia E-Samsat diharapkan tidak hanya dapat mampu membantu masyarakat dalam membayar pajak, tetapi juga berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jateng. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pernah mengatakan, di tengah kondisi pandemi seperti ini, transaksi digital dapat menjadi pilihan warga untuk mengurangi potensi penyebaran virus, yakni dengan menghindari kerumunan.

Hal itu pula yang mendasari upaya Tokopedia dalam menghadirkan fitur layanan E-Samsat, untuk membantu masyarakat Jateng membayar pajak sekaligus berkontribusi pada ekonomi daerah.

Saat ini ada kenaikan transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat Tokopedia E-Samsat hingga tiga kali lipat pada Kuartal I 2021, jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Khusus di Jateng, kenaikan bahkan tercatat hampir empat kali lipat.

BACA JUGA: PPKM Darurat, Polres Wonosobo Bagikan Sembako

”Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan mitra strategis, untuk mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal pembayaran pajak. Layanan Tokopedia E-Samsat diharapkan tidak hanya dapat mampu membantu masyarakat dalam membayar pajak, tetapi juga berkontribusi mendorong perkembangan ekonomi digital di Jawa Tengah,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, dalam keterangannya di Semarang, Selasa (13/7/2021).

Melalui Tokopedia E-Samsat dan Sistem Administrasi Kendaraan dan Pajak Online (Sakpole) Jawa Tengah, wajib pajak dapat memotong tiga jalur antrean sekaligus, yaitu proses registrasi kelengkapan dokumen, pembayaran, hingga pengesahan.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa menjadi lebih cepat, karena proses itu bisa dilakukan dalam hitungan menit, di mana pun kapan pun lewat Tokopedia.

BACA JUGA: Lima Alternatif Pemenuhan Oksigen di Masa Pandemi Covid-19

Caranya, cukup dengan mengetik E-Samsat di kolom pencarian di Tokopedia, kemudian pilih Samsat Jateng, dan masukkan kode bayar, yang sebelumnya didapatkan dari aplikasi Sakpole. Selanjutnya, klik Cek Tagihan dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.

Tokopedia sendiri menyediakan 50 opsi pembayaran yang dapat dipilih, termasuk pembayaran secara cicilan, transfer bank, uang elektronik, gerai offline seperti minimarket dan kantor pos, serta masih banyak lainnya. Setelah itu, wajib pajak dapat melakukan pengesahan melalui aplikasi Sakpole.

Kemudahan lainnya adalah, tidak adanya batas nominal transaksi tunggal, sehingga berapa pun besar nilai pajak tetap bisa dibayarkan. Kini, layanan Tokopedia E-Samsat telah hadir di wilayah Kepulauan Riau, Jabar, Jateng, Jatim, Kaltim dan Sulsel.

Riyan