Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah,S.E., M.M. menyerahkan ijazah bagi lulusan terbaik pada upacara penutupan Setukba TNI AU Angkatan ke-38  yang berlangsung di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Foto: Dok/Lanud SMO

KARANGANYAR (SUARABARU.ID) – Sebanyak 250 bintara baru TNI AU Angkatan ke 38 dilantik dalam upacara penutupan Pendidikan Sekolah Pembentukan Bintara (Setukba) TNI AU Angkatan ke-38 di lapangan Dirgantara Lanud adi Soemarmo, Senin 7 Juni 2021.

Pelantikan dipimpin Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah SE, MM dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Senin (7/6). Setukba TNI AU Angkatan ke-38 diikuti  250 siswa dan dilaksanakan selama tiga bulan di Skadron Pendidikan 403 Lanud setempat.

Komandan Kodiklatau dalam amanatnya mengatakan,  pendidikan Setukba merupakan salah satu bagian dari pendidikan pengembangan bagi prajurit Tamtama TNI Angkatan Udara, sebagai implementasi dari pembinaan karier prajurit.

Kegiatan yang berlangsung bertujuan membentuk dan mengembangkan prajurit terpilih menjadi Bintara TNI AU dan memiliki sikap serta  perilaku profesional. Memiliki dasar keprajuritan, kesemaptaan jasmani serta memiliki pengetahuan dan keterampilan secara teknis.

Sehingga seorang prajurit lulusan Setukba dapat melaksanakan tugas di kesatuan  masing-masing. “Dengan berakhirnya pendidikan Setukba ini, maka saudara selayaknya telah memiliki kompetensi pengetahuan landasan nilai juang, pengetahuan kepemimpinan, kemiliteran, manajemen, keterampilan kepemimpinan, serta kemampuan melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum pendidikan Setukba,” kata Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah.

Dikatakan, bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara terima selama pendidikan harus senantiasa diasah dan ditingkatkan serta dikembangkan saat saudara  kembali bertugas  di  kesatuan. “Pupuklah karakter disiplin dan loyalitas saudara terhadap organisasi sebagai bentuk tanggung jawab profesi,” kata dia.

Pada bagian lain amanatnya  Dankodiklatau Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah,S.E., M.M. mengatakan , dalam menyikapi kondisi saat ini, dimana telah menjadi pandemi global diseluruh dunia yang dikarenakan penyebaran covid-19, maka sesuai anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan.

Terkait hal tersebut, maka pada upacara penutupan pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-38 ini dilaksanakan secara terbatas, sehingga antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 tetap terjaga.

Secara terpisah Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud  Adi Soemarmo  Kapten Sus Bambang Supriyatno diperoleh keterangan, Setukba TNI AU Angkatan ke-38 diikuti  250 siswa dan dilaksanakan selama tiga bulan di Skadron Pendidikan 403 Lanud Adi Soemarmo.

Terpilih sebagai lulusan terbaik adalah Serda Yanto asal kesatuan Satbravo 90. Hadir pada upacara Penutupan Pendidikan Setukba TNI AU Angkatan ke-38 Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan ST, dan para pejabat Lanud Adi Soemarmo.

Bagus Adji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here