blank
Sekjen Kemendag Suhanto simbolis menyerahkan kunci mobil ambulans bagi Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, disaksikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Ibarat kacang tidak akan lupa kulitnya. Begitulah yang dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Sekjen Kemendag) RI  Suhanto.

Prial asal Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, desa agak terpencil di utara Desa Krakal,  Alian, itu Jumat (4/6) menyerahkan bantuan mobil ambulans dan sejumlah bantuan dari Kementerian Perdagangan dalam Program Kemendag Peduli.

Bahkan Sekjen Kemendag Suhanto menyerahkan langsung bantuan tersebut di Gedung Serba Guna Plumbon, dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, dan jajaran pejabat Pemkab Kebumen.

Bantuan yang diberikan antara lain meliputi sejumlah paket alat kesehatan, paket sembako, paket Alquran dan satu unit mobil ambulance yang digunakan untuk warga Desa Plumbon.

blank
Sekjen Kemendag Suhanto mencoba naik mobil ambulans bersama Bupati Arif Sugiyanto dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.(Foto:SB/Ist)

Bantuan dari Kemendag untuk warga Desa Plumbon telah diberikan sejak tiga tahun terakhir. Suhanto menyatakan, sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di Desa Plumbon, ia merasa punya tanggung jawab untuk membantu masyarakat Plumbon dalam banyak hal.

“Sebagai orang yang lahir di desa ini, tentu saya tidak akan melupakan kampung halaman. Plumbon adalah tanah kelahiran saya, maka saya pun berusaha untuk tidak pernah lupa dari mana saya berasal. Inilah yang bisa kita berikan untuk Plumbon,”ujar Suhanto.

Kenang Masa Kecil

Di tahun ini, Suhanto memberikan bantuan satu unit mobil ambulance karena ia merasakan betul bagaimana kehidupan masyarakat Plumbon pada saat ia kecil. Dengan letak desa yang amat jauh dari kota, warga Plumbon harus berjalan kaki puluhan kilometer untuk bisa sampai ke kota.

“Dulu zaman saya kecil kalau ada orang mau lahiran ditandu jalan kaki puluhan kilometer untuk bisa sampai ke rumah sakit di kota. Alhamdulilah sekarang sudah ada ambulance, warga tidak lagi harus menunggu mobil dari kota, cukup ke balai desa saja, dan ini gratis untuk warga miskin,”ujarnya.

Suhanto menyatakan, bukan hanya Plumbon, Kebumen juga akan menjadi prioritas dalam program bantuan di Kemendag. Pihaknya akan fokus membantu pemberdayan ekonomi kerakyatan. Bahkan telah membangun 29 pasar di Kebumen.

“Tahun ini kita akan bangun lagi dua pasar di Kebumen, Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang. Sebagai Putra Daerah, saya tidak hanya memikirkan untuk Plumbon saja, tapi juga untuk semua masyarakat Kebumen. Bahkan saya juga harus berpikir lingkup nasional untuk kabupaten lain,”jelas Sekjen Kemendag.

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih atas kebaikan dan perhatian Sekjen Kemendag Suhanto bagi warga Kebumen. Bantuan ini sangat bermanfaat dan telah ikut membantu Pemerintah Kabupaten dalam menjalankan program kerakyatan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada beliau Bapak Sekjen. Kebumen ternyata tidak kekurangan orang-orang hebat. Saya salut dengan perhatian dan komitmen beliau untuk ikut membantu masyarakat Kebumen. Karena biasanya orang sudah duduk menjadi pejabat, lupa asal usulnya. Tapi beliau sama sekali tidak. Kebumen selalu ada dalam hatinya,”ujar Bupati

Arif Sugiyanto berharap, kerja sama yang baik bisa terus jalin antara Pemkab Kebumen dengan Kemendag sehingga sinergitas ini bisa mengangkat Kebumen dari predikat kabupaten termiskin.

“Karena saya pikir Pak Suhanto di posisinya saat ini juga tidak ingin mendengar lagi Kebumen sebagai kabupaten termiskin. Jadi untuk mengangkat itu, kita butuh kerja sama dari semua pihak,”tandas Bupati.

Dukung Penuh Yoda

Suhanto adalah adik kandung Sudar SA, tokoh asal Plumbon tamatan SMEA Negeri Kebumen yang pernah sukses menjabat Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan. Bahkan kakak Suhanto yang nomor satu juga pernah sukses sebagai pejabat Kanwil Pendidikan DKI.

Keluarga besar Pak Suhanto ini memang dikenal sebagai perantau yang sukses. Hebatnya, meski telah malang melintang di Jakarta dan meraih sukses dengan jabatan tinggi, keluarga Suhanto sejak dahulu tetap peduli dengan daerah asalnya.

Penulis masih ingat saat Kebumen melambungkan nama Yoda Idol dalam ajang pencarian bakat di RCTI. Kala tiga besar dan sebelumnya, Pak Suhanto selalu siap menjadi tuan rumah pejabat dan fans Kebumen yang ikut mendukung Yoda setiap tampil di RCTI.

Bersama sejumlah pejabat, antara lain Wakil Bupati Kebumen Djuwarni, kala itu para wartawan dari Kebumen yang meliput final Idol mendukung Yoda,  uga menginap dan dijamu penuh oleh pak Suhanto dan keluarga.

Kami rombongan dari Kebumen sangat terkesan. Tak hanya menjamu makan malam, bahkan sikat gigi dan sabun mandi pun menyediakan bagi seluruh tamunya. Setiap Yoda tampil sepekan sekali di RCTI, Pak Suhanto juga selalu hadir mendukung bersama ayah kandung Yoda Idol. Terima kasih pak Suhanto.

Komper Wardopo