blank
Petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api di rumah Sri Mujiasih di Desa Semanding, Gombong, Kebumen.(Foto:lSB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kebakaran rumah disebabkan oleh arus pendek listrik terjadi wilayah Kecamatan Gombong, Kebumen. Rumah milik Sri Mujiasih, warga Desa Semanding, Kecamatan Gombong, ludes terbakar pada Sabtu (1/5).

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Namun korban diperkirakan mengalami kerugian material sekitar Rp 75 juta.

Menurut keterangan para saksi, peristiwa kebakaran sangat cepat. Kali pertama diketahui, api sudah membesar dan menghanguskan sebagian bangunan.

Tim Damkar Unit Gombong dan warga sekitar yang datang ke lokasi segera bahu-membahu memadamkan api untuk menghindari merembet ke rumah sekitarnya.

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 09.20 WIB. Namun seluruh bangunan rumah hampir ludes terbakar,”jelas Iptu Tugiman.

blank
Petugas Polsek Gombong dan Koramil mendatangi lokasi kebakaran di rumah warga Desa Semanding.(Foto;SB/Ist)

Dari hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan oleh Polsek Gombong dan INAFIS Polres Kebumen, kebakaran disebabkan karena hubungan arus pendek listrik yang menyebabkan percikan api.

Kasubbag Humas Polres tak henti mengimbau masyarakat dalam menggunakan listrik harus berhati-hati. Apalagi saat bulan Ramadan kadang rumah kosong ditinggal ibadah Shalat Tarawih, Shalat Subuh atau buka bersama. Maka peralatan listrik di rumah harus dipastikan aman untuk mencegah terjadinya arus pendek.

Komper Wardopo