blank
Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, mengikuti tadarus Alquran.
KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, memiliki program kegiatan yang dilaksanakan dalam bulan Ramadhan 1442 Hijriyah. Nama programnya adalah Kegiatan Ramadan in Madrasah atau disingkat dengan Karima.
Bentuk kegiatannya meliputi pesantren, tadarus Alquran, hafalan surat, kultum, kajian Islam, keputrian, berbagi takjil, buka puasa bersama, peringatan Nuzulul Quran, lomba keagamaan dan pengumpulan serta pentasyarufan zakat.
Kepala MI Muhammadiyah Blondo, Yunika Purwaningsih SPd I hari ini menyampaikan, dalam rangka menyukseskan kegiatan Ramadan, pihak madrasah melakukan kerja sama dengan Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Magelang.
Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap datangnya bulan Ramadan serta menanamkan nilai-nilai agama dan juga akhlakul karimah.
Harapannya kemudian adalah akan tumbuh generasi muslim yang memiliki karakter kuat, baik dalam hal aqidah, sekaligus memiliki jiwa sosial serta kemanusiaan.
Kegiatan yang dilaksanakan itu mengambil tema Ramadan Ceria dan Bermakna. Untuk pesertanya berjumlah 97 siswa, terdiri dari murid kelas IV, V dan VI.
Dia menambahkan, kegiatan Ramadan sudah menjadi agenda rutin madrasah. “Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau biasanya menginap di madrasah, untuk tahun ini dilaksanakan selama satu hari tanpa menginap dengan tetap melaksanakan  protokol kesehatan,” katanya.
Salah satu peserta dari kelas V, Putri Ayu Kurniasari menyatakan sangat bahagia mengikuti program kegiatan Ramadan itu. Ada kebersamaan dengan teman dan juga guru serta mendapatkan ilmu dari materi pengajian yang disampaikan.
“Kegiatan ini sangat mengesankan, banyak ilmu termasuk tentang sejarah Islam. Saya sangat suka dengan cerita sejarah para nabi, senang juga berkumpul bersama teman-teman, buka puasa bersama shalat berjama’ah dan juga tadarus Alquran bersama,” katanya.
Eko Priyono