blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Gubernur Jateng dan Pangdam IV Diponegoro saat Rakor Lintas Sektoral, dalam Operasi Ketupat Candi 2021. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi membuka sekaligus menutup kegiatan pelaksanaan Rakor Lintas Sektoral dalam Operasi Ketupat Candi 2021, di ruang vicon lantai 7 Mapolda Jateng, Kamis (29/4/2021).

Selain Kapolda, hadir dalam kegiatan Pangdam IV Diponegoro, Gubenur Jateng, Waka Polda Jateng, seluruh Kepala Dinas Provinsi, PJU Polda Jateng, PJU Pangdam IV Diponegoro, Kapolres se-Jateng, Kakanwil Kemenag Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dan Satpol PP Jateng.

“Ini adalah perintah Kapolri dalam melaksanakan kegiatan Operasi Ketupat Candi 2021. Kegiatan ini berlangsung untuk menghadapi lebaran tahun ini,” terang Luthfi.

Menurut Luthfi, Rakor ini untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi sebelum dan sesudah kegiatan lebaran.

“Rakor ini sangat penting, terkait dengan keamanan Kamtibmas saat lebaran dan pencegahan Covid-19,” jelas Luthfi.

Menurutnya, ini juga untuk pecegahan Covid-19 pada lebaran nanti, sebagaimana arahan ataupun intruksi Presiden tentang larangan mudik lebaran.

Luthfi menyebut, berdasarkan Keppres Nomor 9, bahwa Gubenur sebagai Komandan satuan gugus tugas Covid-19, dan Pangdam serta Kapolda sebagai wakil Komandan gugus tugas Covid-19, yang sudah menjadi landasan kegiatan ini.

“Selalu ada kebijakan Gubenur yang kita dukung dalam kegiatannya. Kita mempunyai kegiatan operasi Amannusa. Kegiatan Amannusa ini untuk pencegahan Covid-19. Satgas Amannusa ini bertugas selama 28 hari dalam melaksanakan Operasi Ketupat Candi 2021,” ungkapnya.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto mengungkapkan, Kodam IV Dipenogoro sangat mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah dalam pencegahan Covid-19, untuk ditiadakan mudik pada lebaran.

“Kami mendukung penyekatan yang dilakukan Polda Jateng, kita juga sudah siapkan pasukan dari Koramil dan Kodim untuk membantu dalam operasi penyekatan tersebut. Pasukan kami siap membantu dan melakukan Operasi Ketupat Candi 2021,” ujar Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Gubenur Jateng, Ganjar Pranowo menyebut, gelombang penularan Covid-19 masih meningkat di setiap kabupaten di Jawa Tengah.

Untuk itu, ia mendukung langkah Polda Jateng dengan melakukan penyekatan sejak awal untuk pemudik dari luar Jateng.

“Dari data yang masuk, jumlah pemudik saat ini di Jateng sudah mulai meningkat. Ini menjadi perhatian kita. Selanjutnya kita akan lakukan tracing bersama Dinas Kesehatan dan jajaran TNI dan Polda Jateng kepada masyarakat,” ucap Gubenur Jateng.

Sementara untuk pasokan pangan lebaran menurut Ganjar sangat meningkat. Prediksi pemudik juga sudah mulai meningkat, sedangkan vaksin masih kurang di Jateng. Ini merupakan kasus yang muncul di Jateng dalam beberapa hari ini.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, untuk mematuhi protokol kesehatan, agar tidak menimbulkan claster Covid-19 baru.

Ning