blank
Tim IZI Jateng saat menyerahkan paket anak sholeh kepada anak yatim dan difable anak. Foto: Dok/ist

SEMÀRANG (SUARABARU.ID) – Menyambut bulan Ramadhan 1442 H, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah melakukan penyaluran perdana Program Booking Berkah Ramadhan di 4 kabupaten/kota di Jawa Tengah pada Kamis, 8 April 2021.

Program yang dilaksanakan dalam menyambut Ramadhan 1442 H itu dilaksanakan di Kota Semarang, seperti paket Ramadhan yang diberikan kepada buruh gendong wanita dan tunanetra. Sedangkan paket anak sholeh diberikan kepada anak yatim dan difable anak, serta kajian dan doa bersama oleh pasien dan pendampingnya di RSP IZI Jateng.

Sementara di dua kabupaten lainnya dilaksanakan di Kabupaten Batang berupa program sedekah Qur’an yang diberikan kepada santri dan ibu ibu pengajian, serta benah mushola dipelosok Kabupaten Boyolali.

Selain program-program tersebut, pada bulan Ramadhan nanti akan dilakukan juga kegiatan berupa program ifthor & takjil serta fidyah dan zakat fitrah.

Kepala Perwakilan IZI Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro menyampaikan komitmen IZI untuk menyegerakan kegiatan yang membantu para dhuafa di bulan Ramadhan.

“Diharapkan program Booking Berkah Ramadhan ini menjadi bagian untuk menyegerakan bantuan kepada dhuafa, sehingga momentum kebahagiaan Ramadhan dirasakan para dhuafa,” ujar Djoko, Jumat (9/4/2021).

IZI Jateng sendiri mentargetkan penyaluran kebahagiaan di bulan Ramadhan kepada 5.000 penerima manfaat.

“Mudah-mudahan kegiatan penyaluran perdana Booking Berkah Ramadhan di Jawa Tengah ini bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Djoko.

Sumarni, salah satu buruh gendong Pasar Johar mengaku bahagia mendapatkan paket Ramadhan ini. “Saya buruh gendong wanita di Pasar Johar, sangat berterima kasih atas bantuan paket dari donatur IZI. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” ungkap Sumarni.

Faris, selaku Pengasuh Rumah Qur’an Darul Ilmi merasa bersyukur mendapatkan bantuan Al Qur’an. “Alhamdulillah, Insyaallah Al Qur’an ini membantu para santri untuk menghafal Al-Qur’an,” ucapnya.

Menurutnya, Ramadhan tahun ini santri sudah mulai praktek menjadi imam tarawih di mushola terdekat. “Terimakasih IZI yang sudah memfasilitasi kegiatan kami berupa Al-Qur’an hafalan ini,” imbuhnya.

Ning