blank
Anggota Koramil 05/ Secang bersama dengan anggota dari Polsek Secang saat mengamankan jalannya ibadah Jumat Agung di GKJ Secang. Foto: Yon

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-  Untuk memberikan rasa nyaman dan  aman bagi umat Kristiani yang sedang ibadah Jumat Agung, personil Koramil 05 Secang Kodim 0705/Magelang bersama  anggota Polsek Secang mengamankan ibadah di dua gereja. Yakni, Gereja Kristen Jawa ( GKJ) Secang dan Kapel Santa Regina Pacis Secang, Kabupaten Magelang.

“Selain pengamanan tempat ibadah  yang melaksanakan kebaktian Jumat Agung, personil Koramil 05 Secang bersama dengan  petugas gabungan juga melaksanakan patroli wilayah yang ditingkatkan di wilayah Kecamatan Secang,” kata Komandan Koramil 05/Secang, Kapten (Arm) Jumanto, di sela-sela pengamanan di GKJ Secang, Jumat (2/4).

Jumanto mengatakan, personil TNI dari Koramil Secang yang diterjunkan untuk pengamanan ibadah Jumat Agung tersebut, berbeda-beda di masing-masing gereja.

“Personil yang diterjunkan pengamanan di masing-masing gereja berbeda-beda, tergantung banyak-sedikitnya umat di masing-masing gereja dan juga tergantung situasi kondisinya,” katanya.

Ia menambahkan, untuk menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat, pihaknya bersama anggota dari Polsek Secang melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan hal –hal yang tidak diinginkan. Yakni, melakukan dialog dengan tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama yang ada di wilayah Kecamatan Secang. Yon