blank
Ilustrasi

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Seorang warga lanjut usia (lansia) di Desa Karangwuni, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo dikabarkan meinggal usai divaksin corona Selasa (9/3/2021).

Kabar tersebut beredar dan sontak mengegerkan warga. Namun dari penelusuran yang dilakukan, kabar itu merupakan kabar hoax alias tidak benar.

Hartono, Kades Karangwuni menyatakan, kabar tersebut tidak benar. “Tidak ada yang meninggal usai divaksin. Lansia itu antre atau menunggu giliran mendapatkan vaksin, jadi pada saat meninggal Belum divaksin.” tegas Kades.

Jubir Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut.

Menurutnya, lansia itu meninggal dunia sebelum menerima vaksin Corona. Saat itu korban datang di tempat vaksinasi dan melakukan registrasi. Setelah itu korban merasa pusing dan oleh petugas diminta duduk untuk beristirahat terlebih dahulu.

“Tapi tiba-tiba korban terjatuh dan pingsan,” katanya.

Petugas yang mengetahui korban pingsan lantas membawa ke ruang Kejadian Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Lalu petugas memasang oksigen dan dirujuk ke RSUD Ir Soekarno Sukoharjo. Namun korban meninggal dunia setibanya di rumah sakit.

“Jadi yang bersangkutan belum divaksin. Baru akan divaksin mengeluhkan pusing dan pingsan,” katanya.

WIB