blank
Dalam sesi wawancara pada program UKW, semuanya melaksanakan prokes, baik Gubernur Jateng selaku narasumber maupun peserta UKW yang mewawancarainya. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– PWI Jawa Tengah berkomitmen ikut serta membantu pemerintah dalam mencegah penularan covid-19. Salah satu wujudnya, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), pada pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang diadakan di Hotel Novotel, Semarang, Jumat-Sabtu (26-27/2/2021).

Bukti itu sudah ditunjukkan, ketika semua peserta UKW yang hadir diwajibkan melakukan rapid test antigen, yang dilaksanakan Kamis (25/2/2021) di Gedung Pers. Bahkan para panitia termasuk penguji, tak lepas dari keharusan tes rapid antigen.

Selama menjalani uji kompetensi pun, mereka menggunakan hand sanitizer dan bermasker, yang menutupi hidung serta mulut. Saat acara pembukaan UKW, meskipun digelar intenal, disiplin prokes tetap dijalankan. Tak hanya bermasker dan jaga jarak, mikrofon pun dibungkus dan disemprot dengan cairan disinfektan.

BACA JUGA: Pesan Bijak Ganjar, Bupati/Wali Kota Harus Rukun dengan Wakilnya

”Saya senang, kesadaran untuk melakukan protokol kesehatan di kalangan wartawan tergolong tinggi. Bahkan saya diprotes dari Jakarta, kenapa Jateng mendahului dalam vaksinasi wartawan. Dari kuota 5.000, wartawan Jateng malah dulu yang divaksin. Ini artinya kesadaran wartawan Jateng untuk sehat dan tak kena covid-19 sangat tinggi,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam sambutan pembukaan UKW.

Sedangkan Direktur Keuangan Semen Gresik, Muhammad Supriyadi menyatakan, pihaknya memamg menginginkan agar UKW PWI ini menerapkan prokes secara ketat, untuk menghambat laju penyebaran covid-19.

Prokes juga sudah diberlakukan perusahaannya kepada semua karyawan, selama pandemi covid-19, termasuk kegiatan Work from Home (WfH).

”Di perusahaan kami, 65 persen karyawan melakukan WfH, sedangkan 35 persen WfO. Kami bersyukur, sampai kini dalam status zero untuk suspek dan kontak erat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menjelaskan, PWI siap menjadi teladan dan pelopor dalam pelaksanaan prokes. Karena sesungguhnya di masa pandemi seperti sekarang, insan pers pun punya tanggung jawab sosial dalam membangkitkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

Riyan-Sol