blank
Bupati Kebumen masa bhakti 2021-2026 Arif Sugiyanto akan dilantik secara virtual pada Jumat 26/2 di Pendopo Rumah Dinas Bupati,(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen masa bhakti 2021-2026 H Arif Sugiyanto yang akan dilantik oleh Gubernur Jateng pada Jumat (26/2) menegaskan, begitu selesai dilantik secara virtual dirinya berkomitmen akan langsung bekerja dan terjun ke masyarakat.

“Jumat (26/2) besok Insya Allah kita akan dilantik. Hari Sabtu saya akan mengecek sarana prasarana yang sering dikeluhkan masyarakat, seperti jalan dan sarana dasar lainnya. Kemudian hari Minggu masih akan melanjutkan pengecekan sarana umum. Baru Senin akan rapat khusus membahas prioritas ke depan,”tandas mantan polisi tersebut kepada Suarabaru.id Kamis 25/2 sore.

Menurut Arif Sugiyanto, aparat birokrasi atau aparatur sipil negara(ASN) di Pemkab Kebumen selama ini telah bekerja sangat baik. Terbukti selama menjabat wakil bupati, banyak prestasi yang diraih Pemkab Kebumen tentu berkat kinerja staf birokrasi didukung segenap ASN.

Namun dia mengingatkan bahwa kerja ASN adalah kerja di Pemerintahan. Artinya, bekerja sebagai ASN tidak boleh secara individual, namun harus menjadi satu tim dan satu kesatuan serta bekerja bersama-sama.

Menyinggung reformassi birokrasi, pihaknya yang berpasangan dengan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih SST MM akan melakukan secepat mungkin. Apalagi dengan banyak ASN yang pensiun, sedangkan penambahnya tidak terlalu banyak. Bahkan kadang tidak sesuai dengan usulan atau kebutuhan.

Lakukan Efisiensi

Ke depan, lanjut Arif Sugiyanto, Bupati dan Wakil Bupati Kebumen akan melakukan efisiensi dengan cara menggabungkan dua dinas menjadi satu dinas. Dengan perampingan tersebut akan bisa mengurangi pos jabatan eselon maupun ASN.

Kepada masyarakat, Arif Sugiyanto berpesan dirinya hadir selaku Bupati Kebumen tidak hanya secara motorik semata, namun justru akan mengajak masyarakat bersama-sama membangun daerahnya, memajukan Kebumen.

”Apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19 dan angka kematian cukup tinggi sehingga kerja Bupati dan Wakil Bupati ke depan tidak hanya secara administratif, namun hadir di tengah rakyat dan berkolaborasi bersama masyarakat. Bahkan masyarakat harus turut menjadi perancang dan pelaku pembangunan. Masyarakat harus betul-betul aktif,”tandas dia.

Menyinggung prioritas kebijakan sesuai visi misinya ke depan, Bupati Terpilih yang diusung sembilan partai politik di DPRD Kebumen pada Pilbup 15 Desember 2020 itu menyatakan, Visinya adalah Mewujudkan Kabupaten Kebumen Lebih Sejahtera, Mandiri dan Berakhlak.

Selanjutnya ada lima Misi. Pertama, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, melalui pelayanan birokrasi yang responsif, penerapan e-government yang terintegrasi. Kedua, peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan dasar lainnya.

Ketiga, mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui pengembangan potensi sumber daya alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasis agrobisnis dan ekonomi kerakyatan. Keempat, peningkatan kualitas dan kualitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Kelima mewujudkan masyarakat yang rukun, berbudaya dan bermartabat.

Komper Wardopo