blank
Bupati Wonosobo periode 2016-2021, Eko Purnomo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Hari ini, Rabu (17/2), masa jabatan Bupati Eko Purnomo dan Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo berakhir. Keduanya dilantik sebagai orang nomer satu dan dua di daerah pegunungan ini, pada 17 Februari 2016 lalu.

Sementara itu, Bupati terpilih Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar dijadwalkan baru akan dilantik pada akhir bulan Februari 2021 mendatang.

Guna mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah One Andang Wardoyo diangkat menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Wonosobo sampai Bupati dan Wakil Bupati baru secara resmi dilantik.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Wonosobo Satriyatmo, Rabu (17/2), pagi ini, mengatakan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati dibuktikan dengan penyerahan jabatan kepada Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

“Karena pelantikan Bupati dan Wakil terpilih diundur. Maka untuk menghindari kekosongan kepemimpinan ini ditunjuklan Plh Bupati. Plh Bupati akan melaksanakan tugas sampai Bupati dan Wakil Bupati baru dilantik,” jelasnya.

Pelaksanaan Sertijab

blank
Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo. Foto : SB/Muharno Zarka

Pelaksanaan sertijab, akan ditandai dengan penyerahan buku memori jabatan dan berita acara sertijab dari Bupati dan Wakil Bupati lama kepada Plh Bupati One Andang Wardoyo.

Menurut birokrat yang juga merangkap sebagai Pelaksanaan Tugas (Plt) Camat Leksono itu, pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) dari Bupati Eko Purnomo dan Wakil Bupati Agus Subagiyo kepada Plh Bupati One Andang Wardoyo, dilakukan pagi ini.

“Sertijab akan dilakukan pagi ini di Pendopo Bupati belakang. Karena masih dalam suasana pandemi global Covid-19 acara hanya diikuti kelompok terbatas. Pelaksanaan seremony menerapkan standar protokol kesehatan (prokes),” tegasnya.

Dikatakan, undangan yang hadir dalam Sertijab hanya jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Wonosobo.

“Acara akan berlangsung singkat. Bupati dan Wakil Bupati lama akan menyampaikan kata pamitan dan permohonan maaf pada tamu undangan yang hadir dan masyarakat Wonosobo. Dilanjutkan acara ceremoni Sertijab, terus selesai,” pungkas dia.

Muharno Zarka