blank
Mensos Risma melakukan foto bersama bersama jajaran media siber yang tergabung dalam SMSI pada peringatan HPN 2021. Foto: dok/ist

SERANG (SUARABARU.ID)– Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, memuji program Bakti Sosial Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), karena organisasi pers ini membangun peradaban melalui pembangunan jalan dan sarana sanitasi, dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Hal itu diungkapkan Risma, saat meresmikan jalan dan sarana sanitasi yang ada di Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Banten, Minggu (7/2/2021).

Mantan Wali Kota Surabaya dua periode itu mengaku, program SMSI ini membuat warga dapat merasakan akses untuk aktivitasnya sehari-hari.

BACA JUGA : Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah IV Diponegoro Bantu Warga Cebolok

”Bagi saya ini menarik, karena jarang sekali ada inisiatif dari luar selain pemerintah, untuk membangun jalan. Saya baru tahu setelah 20 tahun jadi PNS, dan 10 tahun jadi wali kota, ada pihak lain di luar pemerintah membangun jalan lalu diserahkan kepada pemerintah,” tutur Tri Rismaharini.

Diungkapkan juga olehnya, semenjak jadi Wali Kota Surabaya selama 10 tahun, dia sudah membangun jalan sepanjang 350 km. ”Tapi SMSI sekali tepuk, sudah bisa bangun jalan 750 meter. Saya tertarik dengan konsep SMSI dalam memberikan sumbangan yang berbeda. Bangun jalan itu sama dengan kita membangun peradaban. Jika jalan dibangun, maka peradaban berubah,” imbuhnya.

Dia pun menyampaikan apresiasinya kepada SMSI, yang dengan sukarela telah membantu warga. ”Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya untuk SMSI, yang telah membantu masyarakat. Dulu sewaktu saya jadi wali kota, saya selalu mendahulukan membangun infrastruktur di kampung-kampung,” jelasnya.

blank
Mensos didampingi Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, saat meninjau MCK yang baru saja dibangun. Foto: dok/ist

BACA JUGA : Syukuran Peringatan HPN Jateng Diwarnai Tausiyah KH Ahmad Darodji

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Dr Al Muktabar juga memberikan rasa salutnya kepada SMSI, atas program bakti sosial yang telah dilakukannya ini. ”Terima kasih kepada SMSI atas program bakti sosial yang telah dilakukannya, dan langsung dirasakan masyarakat di Provinsi Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun menyampaikan, pihaknya berharap apa yang dilakukan SMSI ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. ”Ini juga menunjukkan, pers tidak dilihat sebagai pihak yang melihat dari jauh, tetapi melakukan kegiatan yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus menyatakan, SMSI yang beranggotakan 1.224 perusahaan media siber itu, memperingati HPN 2021 yang jatuh tiap tanggal 9 Februari itu, salah satunya dengan melakukan kegiatan bakti sosial. Kegiatan yang dilakukan meliputi pembangunan jalan dan sarana sanitasi Mandi Cuci Kakus (MCK).

”Sebagai organisasi konstituen Dewan Pers, SMSI ingin membawa angin baru dalam HPN 2021, sehingga tak lagi terfokus pada acara seremonial, namun bersama-sama melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat,” sebutnya.

BACA JUGA : Ziarah ke Makam Wartawan Awali Peringatan HPN 2021 di Kebumen

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana HPN 2021 SMSI, M Nasir menjelaskan, pembangunan jalan itu sudah dimulai beberapa pekan lalu, yang diawali dengan pembebasan lahan, perataan tanah dan penebangan pohon.

”Pelaksanaan pembangunan proyek sosial itu ditangani SMSI Pusat dan juga SMSI Provinsi Banten yang paling dekat dengan lokasi proyek. Kegiatan ini juga didukung sepenuhnya oleh PT Dwi Ratna Putra,” papar dia.

Selain pembangunan jalan sepanjang 750 meter dengan lebar 2,5 meter, di lokasi yang sama juga dibangun 16 unit MCK.

Sebagaimana diketahui, perhelatan HPN 2021 memiliki nuansa tersendiri bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi berlangsung di tengah pandemi covid-19. Bagi SMSI, tahun ini merupakan perhelatan HPN pertama organisasi perusahaan media siber itu, setelah resmi menjadi konstituen Dewan Pers.

Riyan-Sol