blank
Penasihar PWI Kebumen Komper Wardopo bersama insan pers serta Kabid Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kebumen Dewi Indri Astuti ziarah ke Makam Goenawan Efendy, mantan wartawan Suara Merdeka di Makam Pejagoan, Senin 8/2.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Insan pers di Kebumen terdiri wartawan media cetak, elektronik dan on line yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), berziarah ke makam tiga wartawan mengawali rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh 9 Februari.

Ziarah dilaksanakan Senin (8/2) pagi diikuti oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kebumen Dewi Indri Astuti SP MM beserta para staf. Kegiatan berlangsung dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19.

Sebelum ziarah, para wartawan berkumpul di Balai Wartawan Jalan Mayjen Sutoyo, Kebumen. Kemudian bergerak menuju makam Mohamad Sujangi di Desa Kutosari, Kebumen, diteuskan ke makam Goenawan Efendi di Desa Pejagoan, dan makam Fuad Hasyim di Makam Sijago, Kelurahan Selang.

blank
Insan pers berdoa di makam Mohamad Sudjangi, mantan Ketua PWI Kebumen di Desa Kutosari, Kebumen.(Foto;SB/Ist)

Para jurnalis juga memanjatkan doa kepada para wartawan senior yang sudah meninggal dunia. Seperti S Roendhayat, mantan wartawan KR, serta Ludiyo D, mantan wartawan majalah Fakta, dan R Ageng Sulistyo Handoko SIP, mantan wartawan dan penyiar radio, terakhir menjaba Kepala Dinas Perhubungan Kebumen .

Adapun tahlil doa dipimpin oleh Penasihat PWI Kebumen Komper Wardopo didampingi wartawan senior Nanang W Hartono dan Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan, dan diakhiri tabur bunga oleh segenap insan pers  serta pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika.

Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan didampingi Sekretaris PWI Ondo Supriyanto menjelaskan kegiatan ziarah ke makam wartawan telah menjadi tradisi setiap memperingati Hari Pers Nasional dan HUT PWI. Namun tahun ini peringatan HPN dikemas secara sederhana. Mengingat adanya pendemi Covid-19.

blank
Keta PWI Kebumen Bagus Sukmawan dan Sekretaris Supriyanto ziarah di amakam Fuad Hasyim, mantan wartawan Kebumen Ekspres di Makam Sijago,Selang.(Foto;SB/Komper Wardopo)

Sukmawan mengungkapkan, untuk agenda perayaan HPN di tengah Pandemi Covid -19 yang telah disiapkan yaitu tayaskuran dan mengikuti Resepsi  HPN secara nasional melalui virtual pada 9 Februari, bersama Bupati dan Wakil Bupati Kebumen serta Forkompinda.

Wakil Ketua PWI Kebumen Nanang W Hartono menambahkan, untuk kegiatan baksos dan sosialisasi penanggulangan Covid-19, berupa pembagian masker dan pemberian sembako kepada kelompok masyarakat rentan dan terdampak Covid-19.

Acara tersebut digelar atas kerja sama dengan Baznas Kebumen dan Polres Kebumen, sekaligus sosialisasi dan kampanye penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

‘’Kegiatan HPN kali ini bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen, Bagian Protokol dan Informasi Pimpinan Setda Kebumen serta Polres Kebumen,’’terang Nanang.

Komper Wardopo