blank
Kabid Propam Polda Jateng Kombes Mukiya (kanan) selaku tim asistensi Operasi Lilin Candi 2020, melakukan sidak ke Pospam Nataru di Kabupaten Wonogiri.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Mukiya, selaku Tim Asistensi Operasi Lilin Candi 2020, melakukan pemantauan pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Wonogiri. Ditekankan, agar pengamanan Nataru dilaksanakan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes) pencegahan pandemi Covid-19.

Kedatangannya di Wonogiri, langsung melakukan sidak ke Pospam Nataru yang didirikan di pojok sisi barat daya Gereja Kantolik Santo Yohanes Rasul. Tepatnya di tepi ruas Jalan Kabupaten, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Di Pospam tersebut, Kombes Mukiya disambut langsung oleh Kapolres AKBP Christian Tobing bersama para Kasatgas Operasi Lilin Candi (OLC).

Kasubag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo dan Paur Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, Sabtu (26/12), menyatakan, dalam kesempatan itu Tim Asistensi Polda Jateng memberikan pengarahan agar Operasi Lilin Candi dilaksanakan dengan mematuhi disiplin Prokes pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19.

blank
Jajaran Polres Wonogiri saat melakukan sterilisasi di Geraja Katolik Santo Yohanes Rasul Wonogiri. Ini dilakukan sebelum gereja tersebut digunakan untuk Misa Natal.

Aman Kondusif
”Kami sampaikan kepada Kasatwil jajaran Polda Jateng, bahwa pengamanan Hari Raya Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, bertujuan untuk menciptakan terpeliharannya Sitkamtibmas yang aman dan kondusif,” tegas Kombes Mukiya. Bila ditemukan ada anggota yang tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, akan dikenai sanksi.

Operasi Lilin Candi 2020 digelar mulai dari Tanggal 21 Desember sampai dengan Tanggal 4 Januari 2021 mendatang. Dilaksanakan oleh jajaran kepolisian bersinergi dengan TNI Kodim 0728 bersama aparat dari dinas dan instansi terkait.

Pengamanan semua gereja di Kabupaten Wonogiri yang digunakan untuk misa Natal, dilaksanakan dengan lebih dulu melakukan tindakan sterilisasi oleh aparat TNI-Polri. Termasuk menurunkan pula tim khusus (Timsus) Harimau Polres Wonogiri. Ini dilakukan dalam upaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang merayakan Nataru.

Anjing Pintar K-9

Kapolres AKBP Christian Tobing melalui Wakapolres Kompol Edi Wibowo, menyebutkan, tindakan sterilisasi gereja dilakukan dengan menggunakan alat metal detector, dan pemeriksaan ke semua sudut tempat peribadatan umat Kristiani.

blank
Tim khusus (Timsus) Harimau Polres Wonogiri, ikut diturunkan dalam tugas pengamanan gereja, termasuk tugas melakukan sterilisasi di semua sudut dan ruangan gereja sebelum digunakan untuk Misa Natal.

Terkait ini, Polres Wonogiri juga melibatkan anjing pintar kepolisian dari unit satwa K-Nine (K-9). Sementara itu, jalannya peribadatan misa Natal, diatur secara bergiliran dengan mempertimbangkan kesediaan ruangan gereja, pengaturan jarak, serta pentaatan disiplin terhadap Prokes pencegahan pandemi Covid-19.

Pemkab Wonogiri, melarang digelarnya perayaan penyambutan malam Old And New Year dengan menutup area publik Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Juga menutup semua objek wisata dalam upaya menghindari kerumunan yang dapat memicu penularan Covid-19.

Bambang Pur