blank
Selain memusnahkan ribuan botol minuman keras berbagai merek dan 280 liter ciu, Polres Temanggung juga memusnahkan sejumlah knalpot “jambrong” ( tidak standar pabrik) dengan digilas menggunakan alat berat stoom wals. Foto: suarabaru. Id/ Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID) – Ribuan macam minuman beralkohol dari berbagai merek dan jenis  hasil  operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan Polres Temanggung dimusnahkan. Minuman keras yang dimusnahkan  tersebut dilakukan dengan menggunakan alat berat stoom wals di halaman belakang Mapolres Temanggung, Senin ( 21/12).

“Ribuan jenis minuman beralkohol yang dimusnahkan tersebut sebanyak  3.035 botol dan  berbagai jenis/merek dan delapan jerigen atau 280 liter minuman  keras tradisional jenis ciu,” kata Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi.

Benny mengatakan, ribuan botol miras tersebut disita dari 13 penjual di Temanggung dalam rangka memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat menjelang natal dan tahun baru.

Menurutnya,pemusnahan barang bukti minuman keras tersebut diharapkan bisa mengurangi terjadinya gangguan kamtibmas di Kabupaten Temanggung. Dan, juga untuk memberikan rasa dan aman menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Dari hasil analisis , para pelaku tindak pidana kejahatan ini kebanyakan mengonsumsi miras sebelum melakukan tindakan kriminal . Dengan adanya operasi rutin, jumlah peredaran miras bisa turun dan angka kriminalitas juga berkurang,” katanya.

Selain ribuan botol minuman beralkohol, juga dimusnahkan beberapa buah knalpot “ jambrong” (tidak standar pabrik) yang diamankan dari sejumlah pengendara sepeda motor.

Ia menambahkan, pemakaian knalpot “jambrong”  tersebut sangat mengganggu kenyamanan  dan ketentraman masyarakat. Selain itu, knalpot tersebut dinilai menimbulkan polusi suara.

Sementara itu,  Bupati Temanggung M Al Khadziq mengapresiasi langkah yang dilakukan Polres Temanggung dalam pemberantasan miras. Karena,  dampak negatif dari minuman tersebut cukup besar.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan kepolisian dalam pemberantasan miras di Kabupaten Temanggung,” ujarnya.

Yon-trs