blank
Dewan juri menilai lomba kata melalui layar kaca. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Dojo Sacha menjadi juara umum kejuaraan Karate Piala Bupati Magelang Tahun 2020, yang dilaksanakan secara virtual oleh KONI Kabupaten Magelang. Dalam kejuaraan tersebut dia mengalahkan delapan dojo lainnya.

Untuk juara kedua direbut Akmil Karate Fighter dan Dojo Samurai Grabag sebagai juara ketiga. Pada kejuaraan ini, dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19.

Dalam kejuaraan kali ini diikuti sembilan dojo dengan juara umum diraih oleh Dojo Sacha dengan enam emas, lima perak sembilan perunggu.

Untuk juara II direbut Akmil Karate Fighter dengan tiga emas, dua perak dan lima perunggu dan juara III diraih Dojo Samurai Grabag, dengan dua emas dan empat perunggu.

Ketua Federasi Olahraga Karatedo Indonesia Cabang Magelang, Mayor Inf Sudarno, Kamis (26/11) menuturkan, dalam kejuaraan itu mempertandingkan 14 kelas, meliputi tujuh putra dan tujuh putri. Untuk kelasnya meliputi kata pra usia dini putra/putri, kata usia dini pa/pi, kata pra pemula pa/pi, kata pemula pa/pi, kata kadet pa/pi, kata junior pa/pi dan kata senior pa/pi.

“Untuk kelas kata senior putri, juara satu hingga tiga, direbut oleh atlet dari Dojo Sacha. Meliputi Afifah Ari Arsiwi, Anggita Salma Putri dan Atika Sari D. Untuk juara empat, diraih Septiana Widiasari dari Dojo Samurai Grabag,” jelasnya.

Sementara untuk Kata Senior Putra, lanjut Sudarno, juara direbut Arya Pradapa Restu Aji dari Dojo Samurai Grabag. Sedang juara II dan III diraih Brilyan Harlina dan Yahya Fajar A, keduanya dari Dojo Sacha. “Untuk juara empat, diraih Rian Saputra, dari Akmil Karate Fighter,” ujarnya.

Ketua KONI Kabupaten Magelang, Karjanto Wignjowidodo mengatakan, selain lomba karate pihaknya juga mengadakan lomba senam, taekwondo, panahan, silat dan basket, semua dilakukan secara virtual.

Sedang tujuan lomba itu di antaranya untuk mengolahragakan masyarakat agar gemar berolah raga dan meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terkena Covid-19.

“Selain menjaga iklim kompetisi di beberapa cabang olah raga, kegiatan ini juga untuk mewujudkan masyarakat Magelang yang sehat, terjaga imunitas dan kekebalan tubuhnya,” pungkasnya.

Eko Priyono-trs