SEMARANG (SUARABARU.ID)– Industri pariwisata akan menjadi industri unggulan pasca pandemi covid-19 ini berlalu pasalnya peluang dari industri pariwisata sangat menjanjikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Dr H Muladi SH saat dimintai pendapat terkait dibukanya Program Studi Pariwisata Program Sarjana di Kampus Universitas Semarang (USM) kemarin.

USM harus mengambil kesempatan ini dengan baik yaitu dengan menyiapkan pendidikan yang berkualitas, SDM yang unggul melalui Program Studi Pariwisata dan saat ini Yayasan Alumni Undip sudah bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Hotel Dafam yang memiliki jaringan luas” ungkap Prof Muladi.

“Kita yakin bahwa kondisi pasca pandemi covid-19 akan kembali meningkatkan performa industri pariwsata seperti sebelum pendemi dimana pariwisata merupakan salah sektor unggulan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi” ungkapnya.

Menurutnya lulusan Program Studi Pariwisata nantinya akan diberikan jaminan atau garansi akan bekerja di hotel berbintang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

USM membuka Program Studi Pariwisata berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kemendikbud No: 852/M/2020 tetang izin pembukaan Program Studi Pariwisata Program Sarjana pada Universitas Semarang dibawah naungan Yayasan Alumni Undip.

Dikatakan Muladi bahwa saat ini USM masih menerima mahasiswa baru Program Studi Pariwisata sampai tanggal 27 Novemver 2020 sehingga bagi orang tua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya dimohon untuk segera mendaftar secara on line karena kesempatan ini dibuka terbatas hanya untuk 20 mahasiswa saja.

Sementara Rektor USM Andy Kridasusila mengatakan, USM membuka Program Studi Pariwisata karena negara-negara maju banyak ditopang industri pariwisata dan Indonesia sangat mempunyai peluang industri pariwisatanya bisa berkembang karena potensinya yang luar biasa.

Lebih dari 17 ribu pulau, memunculkan budaya yang beraneka, peluang sangat terbuka.

Kami berharap dengan dibukanya Program Studi Pariwisata Program Sarjana ini USM bisa bergerak lebih maju dan memudahkan langkah untuk mencerdaskan anak bangsa” ungkap Andy.

“Kurikulum pada Program Studi Pariwisata Program Sarjana ini berbasi IT dan sudah disesuaikan dengan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan konsentrasi destinasi pariwisata dan hospitality perhotelan” tambahnya.

Saiful Hadi-USM