blank
Kepala Sub Direktorat II Ekonomi Polda Jawa Tengah AKBP Harun Hurdana menyerahkan bantuan paket sembako kepada pedagang di Pasar Tradisional Gede Solo. Foto: Ist

SOLO (SUARABARU.ID) – Kepolisian Daerah (Polda) Jateng melalui Sub Direktorat II Ekonomi Polda Jawa Tengah melaksanakan bakti sosial dengan membagikan bantuan ratusan paket sembako kepada para pedagang Pasar Gede Solo, yang terdampak pandemi COVID-19, Rabu (18/11).

Pedagang tradisional yang tergabung Pasamuan Pedagang Pasar Tradisional Surakarta (Papatsuta) tersebut menerima bantuan yang diserahkan oleh Kepala Subdit II Ekonomi Polda Jateng, AKBP Harun Hurdana.

Pada acara pembagian bantuan paket sembako tersebut tim dari Subdit II Ekonomi Polda Jateng dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara membagikan kupon terlebih dahulu kepada para pedagang yang kemudian ditukarkan paket sembako untuk menghindari kerumunan.

Kepala Sub Direktorat II Ekonomi Polda Jawa Tengah AKBP Harun Hurdana mengatakan, kegiatan baksos dengan membagikan bantuan 200 paket sembako untuk para pedagang di Pasar Gede Solo, di tengah pandemi ini.

“Kami bersama tim Polda Jateng datang ke Pasar Tradisional Kota Solo, ingin berbagi terutama para pedagang yang terdampak pandemi covid-19, dengan omzet penjualan yang menurun dratis,” kata Harun Hurdana.

Diingatkan keada para pedagang agar tetap semangat beraktivitas, karena masih berlangsung wabah covid-19. “Tetap jaga disiplin protokol kesehatan dengan 3M (memakai masker, mencuci tangan sdengan sabu, menjaga jarak),” katanya.

Paket yang dibagikan sebanyak 200 paket sembako untuk pedagang kecil di Pasar Gede Solo dan pedagang lainnya yang tergabung Papatsuta dengan harapan bisa mengurangi beban mereka,” katanya.

blank
Kepala Sub Direktorat II Ekonomi Polda Jawa Tengah AKBP Harun Hurdana bergambar bersama para pedagang di Pasar Gede Solo. Foto: Ist

Dia juga mengimbau para pedagang di Kota Surakarta yang sebentar lagi ada pesta demokrasi Pilkada serentak 2020 ikut upaya bersama-sama agar penyelenggaraan pesta demokrasi di wilayahnya berjalan aman dan lancar.

“Kami juga minta masyarakat jangan mudah terpengaruh informasi berita hoaks di media sosial. Jangan menyebar berita hoaks bisa mengganggu kondusifitas Kota Solo khususnya dan Jateng pada umumnya,” katanya.

Ketua Papatsuka Aris Saputra mengatakan para pedagang menyambut baik dengan adanya kegiatan baksos dari Polda Jateng yang membagikan bantuan paket sembako untuk para pedagang di masa pendemi covid-19 ini.

Menurut Aris, dengan adanya bantuan paket sembako paling tidak menambah pedagang semangat untuk lebih menjaga kesehatan dan protokol kesehatan.

“Kami juga sekaligus menekankan soal kedisiplinan protokol kesehatan para pedagang untuk mencegah penularan covid-19,” kata Aris.

Pada acara tersebut para pedagang tergabung Papatsuta juga melakukan deklarasi bersama agar mematuhi protokol kesehatan selama wabah covid-19, waspada dan tangkal isu atau berita hoaks, dan pedagang siap ikut sukseskan Pilkada serentak 2020 di Surakarta.

Masturi Wisya-trs