blank
Mengantisipasi kerusakan batuan candi yang disebabkan hujan abu vulkanik, Balai Konservasi Borobudur menutup sejumlah  stupa  dan teras lantai lorong  Candi Borobudur dengan plastik terpal khusus. Foto;  suarabaru.id/ Yon

BOROBUDUR (SUARABARU.ID)–  Balai Konservasi Borobudur mengambil langkah menutupi stupa dan teras lantai Lorong Candi Borobudur dengan plastik terpal khusus yakni  terpaluin. Penutupan batuan stupa dan lorong lantai candi tersebut menyusul meningkatnya aktivitas vulkanik Merapi,

“Penutupan stupa dan  batuan lantai lorong candi dengan plastik terpal menyusul seiring meningkatnya aktivitas vukkanik Gunung Merapi,” kata Kepala Balai Konservasi Borobudur, Wiwit Kasiyati, Rabu (11/11).

Wiwit mengatakan, pemasangan plastik terpal di bagian stupa dan lantai lorong candi tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah kerusakan batuan candi  bila terjadi hujan abu vulkanik akibat erupsi  Merapi .

Pemasangan terpal khusus tersebut dilakukan sejak Selasa (10/11) kemarin oleh sejumlah pekerja dan dilakukan  secara bertahap. Menurutnya,   dari 72 stupa dan satu stupa induk yang ada di candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut , hingga saat ini yang sudah ditutup dengan terpal khusus   32 stupa yang ada di teras delapan. Selain itu,  lantai batuan candi  yang sudah ditutupi yakni lantai candi di  lorong  satu.

“Selain itu, kami juga telah menyiapkan plastik terpaliun tersebut di sejumlah titik di  lorong atau teras candi, sehingga  bisa dipasang setiap waktu,” ujarnya.

Wiwit menjelaskan, plastik terpal yang digunakan untuk menutup lantai lorong candi dan stupa tersebut, merupakan terpal khusus  dan sangat berkualitas, sehingga bisa tahan dalam waktu yang lama.

Ia menambahkan, penggunaan terpal  khusus tersebut  diyakini tidak merusak struktur batuan andesit yang ada di Candi Borobudur.

Dan,  pemasangan plastik terpal di 72 stupa dan lantai lorong candi  pernah dilakukan saat terjadi hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi pada 2010 silam dan juga saat hujan abu akibat letusan Gunung Kelud pada tahun 2014 lalu.

Yon-trs