Seorang pemetik daun teh tengah menjalankan rutinitasnya di kebun teh Tambi. Foto: Ning S/SUARABARU.ID (11/6/2024)

WONOSOBO (SUARABARU.ID) – Siapa diantara kalian yang belum mengenai kebun teh Tambi? Kebun teh Tambi terletak di dekat dataran tinggi Dieng, tepatnya di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo yang memiliki ketinggian lebih dari 1200-2000 meter di atas permukaan laut.

Agrowisata Tambi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah. Apalagi, tempat ini telah difasilitasi dengan penginapan, taman bermain, lapangan tenis, dan fasilitas lainnya termasuk outbound.

Kamu juga dapat menjumpai gazebo, warung makan, area parkir, camping ground, coffee shop, mushola, wahana permainan, dan area spot foto yang sangat menarik. Para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi kebun dan industri teh untuk melihat proses budidaya teh dan produksinya.

Kebun teh Tambi yang luas dengan pemandangan memukau para wisatawan yang datang. Foto: Ning S/SUARABARU.ID (11/5/2024)

Di Kebun teh Tambi, kamu akan menjumpai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kamu bisa menikmati hamparan kebun teh yang luas sambil melihat Gunung Sindoro maupun Sumbing yang menjulang di kejauhan.

Puji Ikhsani selaku Manager Tambi Tea Resort menyampaikan, di kebun teh Tambi ini terdapat ratusan pekerja pemetik daun teh yang berasal dari warga sekitar. Hasil dari daun teh yang sudah dipetik kemudian dibawa ke pabrik untuk dilakukan proses pengolahan melalui beberapa tahap, guna menghasilkan teh Tambi yang sangat nikmat dan sehat.

Puji mengatakan, Tambi Tea Resort merupakan usaha pariwisata yang menjadi anak perusahaan dari PT. Tambi. “Kita memiliki paket-paket wisata dengan harga terjangkau, diantaranya paket resort, dimana pengunjung yang datang baik wisatawan lokal maupun asing akan mendapatkan minuman dan snack. Pengunjung juga diajak untuk belajar bagaimana cara memetik daun teh yang benar, dan melhat proses pengolahan teh dari awal hingga akhir,” ungkap Puji dalam kegiatan Famtrip Komunitas Media bersama Dinas Pariwisata dan Olahraga Provinsi Jawa Tengah pada Senin (11/6/2024).