blank
Beberapa pedagang di Pasar Sayur Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, menyiapkan sayuran untuk dijual ke beberapa tempat. Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) -Harga sayuran yang sebelumnya sempat jatuh, kini mulai naik. Khususnya dialami warga Butuh, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang,yang merupakan lereng Gunung Sumbing.
Sejumlah pedagang di Pasar Penampungan Sayur Butuh, Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, menginformasikan bahwa harga sayur-mayur sudah mulai membaik sejak sekitar satu bulan lalu.
Dari pasar sayur tersebut penjualan ke pasar di beberapa kota sudah mulai lancar. Selama ini petani setempat menjual sayuran ke pasar tersebut, selanjutnya dipasarkan ke luar.
“Hampir satu bulan tetakhir ini harga mulai membaik,” tutur salah satu pedagang Pasar Penampungan Butuh, Rokhimah.
Harga di pasar tersebut kini untuk sayuran Sawi Rp 3 ribu per kilogram (kg). Untuk Kobis yang sudah bersih Rp 5 ribu/kg. Kentang habis panen yang belum dibersihkan Rp 2000-2500/kg.
Harga Luncang Rp 8 ribu/kg, Sledri Rp 7-10 ribu/kg. Kini beberapa jenis sayuran tersebut yang cukup banyak tersedia di sana.
Pedagang sejak tujuh tahun lalu itu menuturkan, setiap hari dia berada di tempat tersebut. Rata-rata setiap hari sejak pukul tujuh pagi sampai tujuh malam. “Kalau selesai gasik (awal) ya pulang gasik,” katanya.
Sesuai namanya pasar tersebut menampung hasil pertanian dari warga setempat. Dari sana didistribusikan ke sejumlah pasar. Antara lain ke sejumlah pasar di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang, serta Yogyakarta.
Eko Priyono