blank
Gus Albar, calon Wakil Bupati Wonosobo ketika silaturrahmi dengan kalangan perempuan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Melalui upaya blusukan dan silaturahmi dengan warga di beberapa wilayah Wonosobo, pasangan calon (paslon) Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar Wonosobo menyaksikan sendiri kondisi sekaligus potensi desa yang dikunjungi.

“Rata-rata masalah yang ada terkait fasilitas infrastruktur jalan yang buruk. Kondisi lingkungan kotor dan kesehatan warga yang masih butuh perhatian. Kasus stunting (gizi buruk) bagi anak-anak juga masih tinggi,” ujar M Albar, Minggu (25/10).

Di luar itu, sambungnya, banyak potensi desa yang luar biasa. Potensi itu meliputi : sektor pertanian, peternakan, perikanan, ekonomi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pariwisata. Potensi tersebut ke depan harus terus digali dan kembangkan.

“Masalah di desa, terkait infrastruktur jalan yang rusak dan tingginya angka kemiskinan, saya kira, harus segera diselesaikan. Sedang potensi yang ada musti terus dieksplorasi dan dikembangkan,” tegas mantan Wakil Ketua DPRD Wonosobo itu.

Semua Berperan

blank
Paslon Cabup-Wabup Wonosobo dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Foto : SB/Muharno Zarka

Menyinggung masalah kemajuan dan perkembangan pembangunan di Wonosobo, Afif Nurhidayat menyebut semua pemimpin daerah ini terdahulu, punya peran masing-masing pada masanya. Mereka semua telah berjuang membawa Wonosobo maju dan berkembang seperti saat ini.

“Dari pendiri Wonosobo hingga Kepala Daerah berikutnya, semua telah melakukan hal terbaik untuk kemajuan daerah ini dan kesejahteraan warganya. Setiap zaman pasti menemukan masalah dan solusi yang berbeda-beda,” tegasnya.

Dikatakan Afif, usai reformasi, dari Bupati Trimawan Nugrohadi Wakil Bupati Kholiq Arif, Bupati Kholiq Arif-Wakil Bupati Muntohar, Bupati Kholiq Arif-Wakil Bupati Maya Rosida hingga kini Bupati Eko Purnomo dan Wakil Bupati Agus Subagiyo, punya jasa dan perjuangan untuk Wonosobo.

“Saya dan Pak Albar akan belajar banyak dari pemimpin pendahulu. Apa yang baik akan diteruskan dan apa yang masih kurang musti terus dikembangkan. Semua itu demi kemajuan daerah dan kebaikan bersama masyarakat Wonosobo,” ucapnya.

Muharno Zarka-Wahyu