blank
Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora bersama staf sekretariat terkait, menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Blora 2020. Foto: SB/Ist

BLORA (SUARABARU.ID)– Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blora 2020, bakal dikuti tiga pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati. Nama-nama ketiga paslon itu, Rabu (23/9/2020) diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Untuk menentukan paslon yang lolos menjadi kontestan Pilkada 2020, KPU telah menggelar rapat pleno yang diikuti anggotanya. Termasuk sejumlah staf dan sekretaris yang membidanginya.

”Rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sudah rampung. Ketiga paslon lolos,” jelas anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Blora, Achmad Husain, Rabu (23/9/2020).

BACA JUGA : Di Blora Bayar PBB-P2 Sudah Pakai QRIS BI

Ditambahkan dia, KPU segera mengumumkan nama-nama paslon yang lolos menjadi kontetan Pilkada melalu laman KPU. Dan hasil dari rapat pleno juga akan diserahkan kepada paslon, partai politik pengusung serta pengawas Pilkada.

”KPU hari ini umumkan paslon yang lolos pemilihan Bupati-Wakil Bupati 2020, diumumkan lewat laman KPU,” tambahnya.

Sementara itu di luar kantor KPU, puluhan petugas keamanan dari Polres, Kodim, Satuan Polisi Pamong Praja dan personel Perhubungan Dirumkimhub, tampak bersiaga untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Bahkan sepanjang Jalan Halmahera, mulai dari Simpang Empat Biandono hingga Simpang Tiga Wisma Pratama, sempat disteril dengan menutup semua arus lalu lintas yang melewati depan Kantor KPU Kabupaten Blora.

blank
Aparat gabungan dari Polres, Kodim, Satuan Polisi Pamong Praja dan personel Perhubungan Dirumkimhub, bersiaga dalam pengamanan rapat pleno penetapan paslon Pilkada 2020. Foto: SB/Ist

Nomor Urut

”Kami ingin Pilkada berlangsung aman, tertib dan kondusif. Maka semua tahapan harus diamankan bersama,” tandas Kapolres Blora, AKBP Ferry Irawan.

Ada pun tiga paslon yang lolos menjadi kontestan Pilkada 2020 Kabupaten Blora adalah, Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (Umat) yang diusung Nasdem (tujuh kursi), PPP (lima kursi) dan Gerindra (dua kursi), mendaftar paling awal ke KPU Blora, yakni pada Jumat (4/9/2020) pagi.

Paslon Arief Rohman-Tri Yuli Setiyaningsih (Artys) diusung PDI Perjuangan (sembilan kursi), PKB (delapan kursi), PKS (tiga kursi), Perindo (satu kursi) dan PAN (non kursi DPRD).

Paslon Dwi Astutiningsih-Riza Yudha (Asri), diusung 10 kursi dari lima partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, Partai Golkar (lima kursi), Demokrat (tiga kursi), Hanura (dua kursi), PSI (non kursi DPRD) dan Berkarya (non kursi DPRD).

Setelah pengumuman paslon, KPU Kabupaten Blora kembali menggelar rapat pleno pada Kamis (24/9/2020), agendanya undian nomor urut paslon yang akan bertarung di ring pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendatang.

Wahono-Riyan