Seorang napi dibantu rekan-rekannya memasang umbul-umbul di bagian atap depan Rutan Klas IIB Purwodadi. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Jelang momen hari ulang tahun ke 75 RI, para narapidana bekerja bakti memperindah Rumah Tahanan Klas IIB Purwodadi. Kesibukan mereka terlihat di bagian dalam dan luar rutan yang terletak di Jalan R. Suprapto Purwodadi, Selasa (4/8/2020).

Masing-masing napi mengerjakan beberapa pekerjaan seperti mengecat tembok di bagian depan rutan. Juga pot tanaman yang terletak di depan pintu masuk rutan.

Paduan warna merah biru tua terlihat cerah usai dicat oleh para napi. Setelah itu, pekerjaan dilanjutkan dengan pemasangan umbul-umbul di sekitar kantor.

Kasubsie Layanan Tahanan Rutan Klas IIB Purwodadi, Heri Dwi Siswanto. Foto : dok.

Meski dalam pengawasan petugas, para napi ini menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Bahkan, mereka langsung menyapu halaman sekitar kantor supaya terlihat bersih usai pemasangan umbul-umbul.

“Hari ini, para napi bekerja bakti melakukan pengecatan tembok, pemasangan umbul-umbul dan bendera merah putih di sekitar kantor juga membersihkan halaman. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka ikut menyemarakkan HUT ke 75 RI sehingga kita pasang bendera, umbul-umbul, dan mengecat tembok yang warnanya sebelumnya udah pudar jadi lebih cerah,” ungkap Kasubsie Layanan Tahanan, Heri Dwi Siswanto.

Sementara, untuk ruangan dalam, para napi bekerja bakti membersihkan lantai, kamar masing-masing, bahkan menata pot-pot tanaman sehingga menjadi lebih rapi. Heri menjelaskan, meski di tengah pandemi ini tidak menyurutkan semangat para napi untuk bekerja bakti dalam rangka menyambut hari kemerdekaan.

“Kita bekerja bakti tadi tetap menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, harapan kami kegiatan bersih-bersih ini tidak hanya saat menyambut hari-hari penting saja. Namun, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap hari supaya terlihat rapi dan asri,” tutup Heri.

Hana Eswe-Wahyu