blank
Audiensi Forum Pengkab Olahraga Kudus ke KONI Jateng terkait mosi tidak percaya terhadap Ketua KONI Kudus Antoni Alfin.foto:Suarabaru.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – KONI Provinsi Jawa Tengah akan segera mengambil langkah guna menyelesaikan konflik di internal KONI Kudus. Kebijakan tersebut diambil menyusul hasil audiensi antara KONI Jateng dengan Forum Komunikasi Pengkab Olahraga di Kudus yang mengajukan mosi tidak percaya kepada Ketua KONI Kudus, Antoni Alfin.

Dalam audiensi yang digelar di kantor KONI Jateng, Jumat (19/6), hadir sejumlah perwakilan dari Pengkab yang dipimpin oleh Ketua Forum, Masud. Beberapa pengurus Pengkab lain juga nampak hadir seperti Ketua harian PBVSI  HM Rinduwan.

Ketua KONI Jateng, Brigjen Purn Soebroto dalam pernyataannya menyatakan, setelah mendengar permasalahan yang disampaikan forum Pengkab, pihaknya akan segera mengambil langkah strategis.

“Jadi begini, kami yang jelas akan melakukan langkah-langkah untuk menjembatani permasalahan  ini bisa selesai,”ujarnya.

Menurut Soebroto, jika memang ada kehendak dari Pengkab untuk melakukan pemakzulan, tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Jadi, kata Subrata, upaya tersebut tidak serta merta bisa dilakukan seperti organisasi yang tidak tertata.

“Setelah ini, kami akan turun ke lapangan, untuk melihat kebenaran di lapangan. Apa benar keluhan-keluhan sebagaimana yang disampaikan Pengkab-Pengkab tersebut,”tandasnya.

Baca Juga: Audiensi ke Provinsi, Forum Pengkab Solid Gulirkan Musorkablub KONI Kudus

Namun demikian, kata Soebroto, secara pribadi pihaknya menginginkan agar upaya-upaya pemakzulan seperti itu bisa dihindari. Semestinya, jika ada persoalan internal, harus bisa diselesaikan secara bijak dan penuh sportivitas.

Namun, jika pada kenyataannya Ketua KONI Kudus memang melakukan pelanggaran sebagaimana yang disampaikan Pengkab, maka tindaklanjutnya harus dilakukan sebagaimana ketentuan AD/ART.

“Harus melalui tahapan sebagaimana diatur dalam AD/ART, tidak serta merta bisa langsung Musorkablub,”tandasnya.

Taati Arahan KONI Jateng

Sementara, Koordinator Forum Pengkab Olahraga Kudus, Masud menyatakan pihaknya siap menjalankan arahan yang disampaikan oleh Ketua KONI Jateng. Terutama dengan langkah KONI Jateng yang akan terjun ke lapangan untuk mengecek kondisi yang ada.

“Kami mendukung arahan dari Ketua Umum KONI Jateng. Biar beliau terjun ke lapangan untuk mendengarkan keluh kesah Pengkab-Pengkab termasuk para atlet,”ujar Masud.

Disinggung mengenai adanya tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk mendorong digelarnya Musorkablub, Masud menyatakan siap menaatinya.

“Karena ini sesuai AD/ART, maka kami siap untuk menjalaninya. Intinya kami akan taat pada arahan KONI Jateng,”ujarnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, konflik internal KONI Kudus mencuat menyusul adanya mosi tidak percaya dari 34 Pengkab Olahraga di Kudus. Pengkab-Pengkab melayangkan mosi tidak percaya atas kepemimpinan Ketua KONI Kudus, Antoni Alfin yang dinilai tidak menjalankan kepemimpinan sebagaimana mestinya.

Tm-Ab