JEPARA (SUARABARU.ID) –  Setelah Selasa ( 2/6-2020) pasien yang terpapar virus corona bertambah delapan orang, Rabu siang ini diumumkan kembali tiga  orang pasien yang positif covid-19 setelah menjalani pemeriksaan swab.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara, dr M. Fahruddin menyatakan 3  orang yang terkonfirmasi covid 19 ini adalah  Ny.  Y 70 th,  dari  Desa Karangaji,  Kecamatan   Kedung. Ia  pedagang ikan di Pasar Pecangaan yang ditemukan reaktif covid saat  pemeriksaan massal RDT reaktif di Pasar Pecangaan beberapa waktu yang lalu.

Juru Bicara GTPP Covid Jepara, dr M. Fahruddin saat memantau rapid test di TPI Ujungbatu siang tadi

Sedangkan pasien kedua adalah Ny. T T, 47 th, dari Desa Telukwetan, Welahan. Ia adalah kakak  dari alm Tn K serta  Ny. M 65 th, dari  Bulakbaru, Kedung, seorang pedagang ikan Pasar Bugel yang merupakan   tindak lanjut pemeriksaan massal RDT reaktif Pasar Bugel.

Terhadap temuan hasil pemeriksaan ini menurut Fahruddin, semua  orang yang  ditemukan memiliki kontak erat dengan pasien covid 19 akan dilakukan pemeriksaan swab untuk ring 1. Sedangkan ring 2 akan dilakukan rapid test. Saat ini mereka masih diminta menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan satgas kecamatan dan desa masing-masing, tambahnya.

Dengan demikian jumlah akumulatif pasien covid – 19 Jepara adalah 27 kasus. Dari jumlah tersebut 4 orang diantaranya sembuh, 2 meninggal dan sisanya sebanyak 21 orang sampai saat ini masih dalam perawatan dan pengawasan. Dari jumlah tersebut 5 orang dirawat di RSUD RA Kartini, dan 3 orang di RS Rehatta Kelet. Sedangkan 13 orang masih dalam isolasi mandiri di rumah masing-masing

Berdasarkan catatan SUARABARU.ID, Penyebaran covid-19 di Jepara ini meningkat  setelah ditemukanm cluster baru di Welahan yaitu Desa Gedangan dan  desa Telukwetan. Dari pasangan suami istri K dan Ny S, warga Desa Welahan  ini   ditemukan dua kasus baru yaitu tetangganya bernama S ( 64 th) dan cucunya berusia 10 tahun yang tinggal di Desa Ngeling Pecangaan.

Sedangkan cluster Desa Telukwetan, Welahan berdasarkan pelacakan kontak erat di zona 1  dengan pasien K   ditemukan   7 orang yang terkonfirmasi covid 19 ini. Mereka  merupakan istri, adik 2 orang  dan 4 orang anak pasien yang meninggal kemarin.

Pasien yang terkonfirmasi positif covid yang lain    adalah S berusia 50 tahun dari Kecamatan Nalumsari yang memiliki riwayat kontak erat dengan anaknya yang baru pulang dari Jakarta. Sedangkan pasien lain adalah Ny. S, 49 tahun asal Kedung. Pasien ini berjualan di pasar Jepara Satu dan Pasar Karangaji.

Sedangkan pasien PDP Jepara jumlah akumulatifnya mencapai 106 orang. Dari jumlah tersebut 72 telah dinyatakan sehat, 9 orang dalam perawatan , dalam pengawasan fasilitas kesehatan 9 orang dan 15 orang meninggal dunia.

Hadepe – Ulil Abshor

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here