Bagikan
TEMUI AWAK MEDIA: Ganjar Pranowo menyempatkan diri wawancara dengan beberapa awak media, saat melayat ke rumah Ibunda Jokowi. Foto: heri priyono

SOLO (SUARABARU.ID)– Prosesi pemakaman Ibunda Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo, dilakukan Kamis (26/3/2020). Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, hadir dalam upacara pemakaman itu, sebagai bentuk penghormatan terakhirnya.

Mengenakan pakaian adat Jawa, Ganjar tiba di rumah duka pukul 11.00 WIB. Sebelum memasuki rumah duka, Ganjar menyempatkan diri menyapa puluhan awak media yang sedari pagi stand by di depan pintu gerbang rumah duka Jokowi.

BACA JUGA : Jateng Kini Mampu Cek Virus Corona Mandiri

”Selain memberikan penghormatan, saya sebagai penanggungjawab wilayah di Jateng, harus hadir untuk menyiapkan segala keperluannya, dan membantu lancarnya prosesi ini,” kata Ganjar.

Dia yang mengenal dekat almarhumah Sudjiatmi, mengaku merasa harus hadir dalam acara itu. Selain itu, Ganjar juga menjadi anak buah sekaligus teman dari Presiden Jokowi, sehingga kedatangannya sebagai bentuk penghormatan.

”Sebagai Gubernur tentu saya harus memantau apa yang terjadi. Tadi malam saya sudah kesini. Tetapi terpaksa pulang, karena harus memantau laboratorium di Salatiga yang digunakan untuk cek Swab Corona. Maka tadi pagi saya cek langsung di Salatiga itu, dan langsung kesini,” terangnya.

KARANGAN BUNGA: Deretan karangan bunga atas meninggalnya Ibunda Joko Widodo. Foto: antara

Tidak Ikut Melayat
Dengan kondisi Solo yang darurat Corona, Ganjar meminta seluruh masyarakat meningkatkan kewaspadaannya. Dia juga meminta masyarakat untuk mematuhi apa yang menjadi permintaan keluarga besar Jokowi, agar tidak ikut melayat.

”Keluarga sudah menyampaikan pada masyarakat, terima kasih atas doanya dan berharap masyarakat bisa melakukan penghormatan dengan doa di rumah. Saya harap masyarakat mengerti, karena ini tidak bisa dipisahkan kondisi bangsa dan Solo saat ini,” tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020). Sudjiatmi meninggal di usia 77 tahun dan rencananya akan dimakamkan hari ini.

Heri Priyono-Riyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here