blank
Aksi barongsai di klenteng Hok An Bio Gubug ditonton masyarakat sekitar pada peringatan Cap Gomeh, Sabtu (8/2/2020) malam. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Peringatan cap gomeh diwarnai dengan sesuatu yang unik di Kabupaten Grobogan. Dua klenteng yang berada di Kecamatan Gubug dan Purwodadi ini menyajikan hiburan murah dan gratis bagi warga masyarakat setempat, Sabtu (8/2/2020).

Di Klenteng Hok An Bio Purwodadi, perayaan cap gomeh ini dilaksanakan dengan mengusung dua hiburan unik, yakni seni karawitan lengkap dengan sinden. Terlihat, Endah alias Tantri menjadi sinden tersebut. Hiburan ini baru kali pertama diusung klenteng tersebut.

blank
Atraksi ogoh-ogoh ala tionghoa juga memukau masyarakat di Klenteng Hok An Bio Purwodadi. Foto : Hana Eswe..

Hiburan kedua yakni pertunjukan barongsai. Even ini membuat masyarakat, khususnya anak-anak, terpesona dengan kelincahan barongsai berbentuk naga ini.

Para penari barongsai ini bergerak mengikuti alur pukulan gendang dan kerincing yang dimainkan pemusik. Gerakan ekstrim yang mereka bawakan ini mengundang teriakan para penonton.

Di tengah-tengah atraksi, barongsai ini meminta angpao dari pengurus yayasan klenteng tersebut. Hal itu juga diikuti masyarakat yang dengan sukarela menyisihkan uangnya untuk sang naga ini.

Hadir dalam kemeriahan acara tersebut, Kepala Baskesbanglinmas Grobogan, Daru Wisakti, Kasat Intelkam Polres Grobogan AKP Antonius, Jajaran Polsek Purwodadi, Tokoh Agama dan Masyarakat setempat.

Dalam acara ini juga disuguhi makanan khas, yakni lontong cap gomeh. Menurut Handoko, fotografer senior yang terlibat dalam acara tersebut mengatakan, sajian ini mirip sekali dengan sajian saat lebaran kupat alias sepekan setelah lebaran besar.

“Karena kita itu hidup di Jawa, kita lakukan seperti tradisi Jawa. Ini sama halnya dengan lebaran ketupat. Ada lontong kupat dan opor. Tentunya, cap gomeh di tempat lain pun berbeda pada menu makanan yang disuguhkan,” ujar Handoko.

Di Gubug Meriah

Sama halnya di Klenteng Hok An Bio Gubug. Di klenteng ini, tak kalah meriahnya dengan di Purwodadi.

Masyarakat sekitar mendapat hiburan gratis dari pertunjukan barongsai ini. Mereka memadati pelataran klenteng tersebut untuk melihat atraksi barongsai tersebut.

Istimewanya, kegiatan perayaan cap gomeh ini dihadiri langsung Ketua DPRD Kabupaten Grobogan, Agus Siswanto. Tak hanya itu, pihak dari kepolisian, TNI, tokoh agama dan masyarakat juga ikut hadir dalam even ini.

Wujudkan Kerukunan

Meriahnya kegiatan ini membuat Kasat Intelkam, AKP Antonius mengapresiasi masyarakat yang ikut berbaur menonton pertunjukan barongsai ini.

Pasalnya, mereka menonton dengan tetap mengedepankan suasana kondusif. Meski demikian, untuk kelancaran acara, kegiatan tersebut tetap mendapatkan penjagaan ketat dari pihak kepolisian dan TNI.

blank
Seni karawitan juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut. Foto : Hana Eswe.

“Tadi suasananya ramai, tetapi aman terkendali. Masyarakat dari berlainan agama semua datang ke acara tersebut untuk melihat atraksi barongsai yang digelar dalam rangka cap gomeh ini. Ini merupakan perwujudan kerukunan yang harus terus menerus dipupuk. Saya berpesan agar kerukunan antarumat bergama terus dijaga, terutama di wilayah Kabupaten Grobogan ini,” pungkas AKP Anton, sapaan akrabnya.

Hana Eswe-trs