blank
Hakim Ziyech/dok

AJAX (SUARABARU.ID) – Gelandang Ajax Amsterdam Hakim Ziyech dikabarkan bakal dilepas pada bursa transfer Januari ini. Ziyech menjadi salah satu pilar utama De Godenzonen sejak diboyong dari FC Twente pada 2016. Total dia mencetak 42 gol dan 82 asisst dalam 158 penampilan, serta mempersembahkan satu trofi Eredivisie pada 2019.

Performa impresifnya saat membawa Ajax menembus semifinal Liga Champions musim 2018-2019 membuat Ziyech menjadi incaran beberapa klub top Eropa. Menurut laporan dari Daily Express, klub ibu kota Belanda itu bersedia melepas Ziyech dengan banderol 50 juta euro (sekitar Rp 776 miliar). Arsenal menjadi salah satu klub terdepan yang ingin memboyong gelandang sayap asal Maroko itu.

Manajer Arsenal Mikel Arteta ingin membeli satu pemain bintang pada bursa musim dingin 2020, dan menilai Ziyech sebagai sosok ideal untuk meningkatkan lini serang The Gunners. Namun, Arsenal akan bersaing dengan Tottenham Hotspur untuk mendapatkan tanda tangan Ziyech.

Manajer Spurs Jose Mourinho juga menggemari pemain 26 tahun ini sejak The Special One masih menangani Manchester United. Andai Ziyech benar-benar bergabung ke Arsenal atau Tottenham, maka dia menjadi pemain bintang ketiga Ajax yang hengkang dari Johan Cruyff Arena selama setahun terakhir. Sebelumnya, Frenkie de Jong dan Matthijs de Ligt lebih dulu hijrah ke Barcelona dan Juventus pada bursa musim panas lalu. (rr)