10 Tempat di Kota Lama Semarang ini Wajib Dikunjungi Wisatawan
Kawasan Kota Lama Semarang menjadi daya tarik wisata Kota Semarang. (foto: hery priyono)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Lama Semarang yang sekarang menjadi destinasi wisata unggulan memiliki 10 tempat atau spot yang wajib dikunjungi. Selain karena nyaman dan aman dikunjungi, juga sangat menarik sebagai tempat berswafoto.

Berikut 10 tempat di Kota Lama Semarang yang terbilang menarik dikunjungi, mulai dari tempat kuliner, ruang terbuka publik, kedai kopi, gedung pertunjukkan seni budaya, hingga sejumlah spot lokasi yang biasa digunakan para anak-anak muda untuk berfoto-foto.

1.Filosofi Kopi

Kedai kopi yang berada di ujung perempatan Jalan Letjen Suprapto ini sangat terkenal sebagai tempat nongkrong anak-anak muda Kota Semarang. Menempati salah satu bangunan lama yang masih terpelihara dengan baik, kedai kopi satu ini menjadi salah satu rujukan untuk disambangi. Interior yang ditata sedemikian apik setara dengan sajian kopi yang ditawarkan di tempat ini.

2.Tekodeko Koffiehuis

Salah tempat yang direkomendasikan untuk didatangi bagi para turis lokal dan mancanegara untuk mencicipi aneka jenis kopi dan kudapan adalah Tekodeko Koffiehuis. Tempat yang sangat cozy dan hangat ini menawarkan aneka kopi dari sejumlah daerah, berikut serta beberapa jenis kuliner dan penganan khas Semarang.

blank
(foto: hery priyono)

3.Spiegel Bar & Bistro

Lelah muter jalan-jalan di Kota Lama tidak ada salahnya mampir ke Spiegel Bar & Bistro. Beragam resep kuliner serta racikan aneka minuman siap di ‘jajal’ para pemburu kuliner. Tak hanya itu saja, di lantai 2 gedung spiegel juga menjadi tempat workspace kekinian dan creative hub para milenial Kota Semarang.

4.Ikan Bakar Cianjur (IBC)

Bagi para pecinta kuliner yang ingin merasakan aneka olahan seafood atau resep-resep tradisional nusantara, patut mencoba masakan yang disajikan di restoran Ikan Bakar Cianjur (IBC). Lokasinya yang berada tepat di tengah-tengah Kota Lama Semarang menjadikannya strategis dikunjungi. Racikan resep dari tangan chef profesional IBC siap menggoyang lidah tamu restoran yang datang.

5.Taman Srigunting

Taman Srigunting terkenal sebagai ikonnya Kota Lama Semarang. Berada tepat di samping Gereja Blendug, taman yang satu ini selalu diramaikan oleh kedatangan para wisatawan baik lokal atau mancanegara. Selain sebagai sentra kawasan, taman yang satu ini menjadi tempat kegiatan seni dan budaya di Kota Semarang.

blank
(foto: hery priyono)

6.Taman Garuda

Taman Garuda menjadi taman yang ada di kawasan Kota Lama Semarang selain Taman Srigunting. Berada di belakang Gereja Blendug, taman yang satu ini sering dijadikan spot foto-foto atau bahkan menjadi pusat kegiatan seni dan budaya. Beberapa kegiatan yang pernah diadakan di taman yang satu ini di antaranya seperti Taman Garuda Art Fest dan Semarang Bergerak.

7.Dream Museum Zone (DMZ)

Ratusan gambar tiga dimensi (3D) menjadi daya tarik utama di Dream Museum Zone (DMZ) Kota Lama Semarang. Para pengunjung diajak untuk berfoto dengan latar belakang gambar-gambar yang seolah-olah hidup dan memberi efek tiga dimensi. Pengunjung bisa berpose dengan aneka background lukisan interior yang unik dan beragam.

8.Old City 3D Trick Art Museum

Tipuan mata atau ilusi optik menjadi daya tarik tempat yang satu ini di Kota Lama Semarang, para pengunjung bisa ber-swafoto di laut, menyeberangi jembatan, atau sedang melakukan kegiatan outdoor di tempat yang sangat nyaman ini. Selain itu di tempat ini juga menyajikan makanan dan minuman yang mengisi perut pengunjung.

blank
(foto: hery priyono)

9.Gallery Industri Kreatif Semarang

Tertarik dengan barang antik atau ingin mencari barang dari industri kreatif Kota Semarang? Gallery Industri Kreatif yang berada persis di belakang Gereja Blendug merupakan tempat yang tepat untuk berburu. Beragam barang-barang antik dan jadul ada semua disini berikut serta beberapa barang industri kreatif juga ada disini, mulai dari barang fashion, meubelair, dan produk kreatif lainnya.

10.Gedung Oudetrap

Oudetrap telah dikenal oleh masyarakat Kota Semarang sebagai tempat digelarnya berbagai kegiatan pertunjukan di kawasan Kota Lama Semarang, mulai dari fashion show hingga pameran seni hingga tempat mini konser artis dan seniman muda Kota Semarang. Tak kurang setiap minggunnya selalu digelar agenda seni budaya di Gedung Oudetrap ini

blank
(foto: hery priyono)