blank
Ketua Bhayangkari Polres Wonogiri, memberikan bingkisan kepada para petugas yang melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Ini dilakukan bersamaan ketika mengikuti Kapolres AKBP Christian Tobing, melakukan kunjungan ke sejumlah Pospam Nataru.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Perayaan menyambut Tahun Baru 2020 di Kabupaten Wonogiri dilaporkan aman. Pesta kembang api pada acara penyambutan malam Tahun Baru 2020 di Alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri, berlangsung meriah. Momentum ini, sekaligus dijadikan acara penutupan pekan Wonogiri Night Carnival (WNC). Meski sejak sore turun hujan, tapi tidak menyurutkan minat massa untuk berbondong-bondong mendatangi alun-alun yang berada di depan Kantor Bupati Wonogiri tersebut.

Acara yang dibuka memakai prolog tiga bahasa ini, dimeriahkan tampilnya 4 group band dan satu Orkes Melayu (OM). Terdiri atas Beatfinder Band, The Flash Rock Band, Vioska Band, dan NDX AKA Band, serta Orkes Melayu (Dangdut) PNS. Menjelang detik-detik pergantian tahun, Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Forkompinda, tampil memberi aba-aba dimulainya pesta kembang api (fireworks) malam old and new year. Event ini, ditutup dengan pentas bersama kolaborasi band.

Sementara itu, komunitas seniman di Kecamatan Slogohimo (40 Kilometer timur Kota Wonogiri), memeriahkan penyambutan malam pergantian tahun baru dengan menggelar aneka sajian kesenian lokal. Acara yang digelar di Pendapa Kecamatan Slogohimo ini, diprakarsai oleh Camat Slogohimo, Chamid Wijaya, bersama Forkompincam bekerjasama dengan Sanggar Gumanti (wadah brgabungnya para seniman-seniwati Kecamatan Slogohimo). Didukung oleh Istana Sound System, Support by Seven Digital, AG Sound System, dan Kalbar Sound System.

blank
Para seniman dan seniwati Sanggar Gumanti, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, menyajikan aneka hiburan untuk memeriahkan penyambutan malam pergantian tahun baru.

Parade Geguritan:
Masyarakat di tiga desa, yakni Desa Sonoharjo, Manjung dan Purwosari, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, memeriahkan penyambutan malam pergantian tahun baru 2020 dengan menggelar lomba mewarnai dan parade geguritan (puisi Jawa). Acara intinya dikemas dalam Event Munajat Warsa Enggal, yakni memanjatkan doa bersama kepada Tuhan untuk memohon ampunan, mengharapkan perlindungan keselamatan, minta keridhoan dan pertolongan, serta bantuan dan mohon anugerah agar kehidupan pada Tahun 2020 menjadi lebih baik, aman, damai dan sejahtera.

Masyarakat di Dusun Mesu, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, menggelar klenengan (seni karawitan), untuk memeriahkan malam menyongsong pergantian tahun. Acara ini menampilkan seniman pangrawit dan warga yang mahir menabuh gamelan. Di banyak tempat, warga Wonogiri dengan masing-masing komunitasnya, menggelar acara penyambutan pergantian tahun, dengan menyajikan aneka hiburan, seperti sajian solo organ dan karaoke, dengan menampilkan aneka tembang kenangan.

blank
Pesta kembang api di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, disajikan untuk menyambut pergantian tahun baru. Acara ini, sekaligus menandai penutupan pekan WNC.


Di Ibukota Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, acara penyambutan malam tahun baru dimeriahkan dengan hiburan aneka kesenian di panggung depan Pasar Giriwoyo. Komunitas Mbatu Unite Fest di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, menggelar hiburan musik dengan menyajikan Group Solo Slank, Kalakala, dan Sukir Genk.
.
Polsek Jatiroto, Wonogiri, mengggelar malam tasyakuran sederhana menyongsong pergantian tahun. Acara ini dipimpin Kapolsek setempat AKP Unggul Tri Wasisto SH, dihadiri jajaran Forkopimcam Kecamatan Jatiroto yang dipimpin Camat Jatiroto, Andhika Krisnayana bersama Danramil-16 Jatiroto Kapten (Inf) Sriyono beserta anggotanya.

Bambang Pur