blank
Lionel Messi/dok

BARCELONA (SUARABARU.ID) – Para pemain Barcelona menatap El Clasico dengan mantap. Barca akan meladeni rival abadinya, Real Madrid, pada lanjutan LaLiga di Camp Nou, Kamis (19/12) dini hari WIB. Laga klasik ini diperkirakan berjalan sengit, karena kondisi kedua tim sedang di puncak.

La Blaugrana menunjukkan performa yang perkasa pada partai LaLiga di Camp Nou. Dalam tujuh pertandingan yang sudah dilakoni, Los Cules selalu memetik kemenangan. Tak sekadar menang, Los Azulgrana Barca juga garang dengan 30 kali membobol gawang lawan. Namun, pasukan arahan Ernesto Valverde masih belum meyakinkan di barisan pertahanan.

Valverde yakin Lionel Messi dan kolega bisa memenuhi target untuk mendulang tiga angka. Mantan entrenador Athletic Bilbao ini tetap bertumpu pada skema 4-3-3 dengan Messi sebagai motor serangan. Messi bakal ditemani Luis Suarez dan Antoine Griezmann. Di lini tengah Valverde tampaknya lebih senang memainkan Sergio Busquets, Frenkie de Jong, dan Ivan Rakitic.

Sementara itu, Los Blancos punya rekor buruk melawan Barca. Si Putih hanya dua kali menang dan menelan lima kekalahan dalam 10 pertemuan terakhir kontra La Blaugrana di semua kompetisi domestik. Jika dihitung di LaLiga saja, Los Merengues cuma menang dua kali dalam 10 laga terkini versus Los Cules. Madrid bahkan gagal memenangi enam pertemuan terakhir berturut-turut dengan hasil empat kekalahan dan dua kali seri. Kemenangan terakhir dibukukan El Real dengan skor 2-1 pada 2 April 2016.

“Kami tahu kami akan menghadapi tim besar dan mereka memiliki Messi. Namun, kami juga punya senjata-senjata pamungkas,” tutur Pelatih Madrid Zinedine Zidane. Pria berkebangsaan Prancis ini sama sekali tidak khawatir dengan El Clasico. Zidane menjanjikan sebuah pertandingan yang enak ditonton.

“El Clasico adalah sesuatu yang berbeda. Kalian hidup untuk menghadapi partai semacam ini,” tandasnya. Zidane pun bakal menerapkan formasi 4-3-3. Trio barisan penggempur diisi striker kawakan Karim Benzema plus dua winger muda bertenaga, Rodrygo Goes dan Vinicius Junior. (rr)