blank
Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz didampingi Ketua DPRD H Sarimun ikut membubuhkan tanda tangan deklarasi pilkades damai, bersih tanpa wuwuran, Jumat 18/10. (Foto: Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Sebanyak 164 orang calon kepala desa dari 52 desa di Kabupaten Kebumen  mendeklarasikan diri  siap mengikutii Pilkades Damai, Bersih, Tanpa Wuwuran, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Jalan Mayjen Sutoyo, Jumat (18/10).

Pernyataan tersebut disampaikan secara bersama oleh para calon kades disaksikan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Ketua DPRD H Sarimun serta segenap anggota Forkompinda. Para calon kades juga membubuhkan tanda tangan di papan yang telah disiapkan di  Pendapa Rumah Dinas Bupati Kebumen. Pilkades serentak Gelombang III 2019 akan dilaksanakan pada 5 November mendatang, berlangsung di 52 desa.

Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dalam sambutannya mengingatkan seluruh calon kades dan pendukungnya untuk tidak melakukan praktik politik uang atau wuwuran. Dia berterima kasih kepada para calon kepala desa yang sudah berani mencalonkan diri. Bahkan mereka hadir bersama untuk membuat kesepakatan, yakni berkomitmen agar pilkades tahun 2019 dapat berjalan dengan baik, damai, bersih dan tanpa wuwuran.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yazid itu, Pemkab Kebumen menggencarkan kampanye pilkades bersih tanpa wuwuran sejak 2017 melalui berbagai forum dan media.”Kita semua berkeinginan kuat agar pilkades bisa terlaksana dengan lancar, dalam suasana damai. Pilkades berlangsung bersih, ora wuwuran,”tegas dia.

Taati Kesepakatan

Gus Yazid berharap, panitia pilkades di tingkat desa dan kabupaten melakukan antisipasi  terhadap potensi gangguan, baik saat menjelang pilkades, pemungutan dan perhitungan suara serta pascapilkades. Kesepakatan bersama yang  telah dibuat dan ditandatangani hendaknya ditaati. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen Frans Haidar menjelaskan, pilkades serentak  gelombang III dilaksanakan pada 5 November. Pilkades ini akan berlangsung di 52 desa di 21 kecamatan.

Adapun total calon kepala desa yang telah ditetapkan sebanyak 164 orang. Terdiri atas 150 orang laki-laki dan 14 perempuan. Dari calon sebanyak itu 24 orang merupakan kepala desa  petahana dan sisanya wajah baru.

Hadir pada deklarasi tersebut Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Dandim 0709 Letkol Inf Zamril Philiang, Wakapolres Kompol Prayuda Widiatmoko, Kepala Dispermades P3A Frans Haidar,  para pejabat terkait di Pemkab serta para kepala BPD dari 52 desa.

Suarabaru.id/Komper Wardopo