Bambang Kribo dan Kirman Pimpin Sementara DPRD Jateng
GLADI BERSIH - Calon anggota DPRD Jateng masa jabatan 2019 - 2024 mengikuti gladi resik pengambilan sumpah janji di Gedung Berlian lantai 4, Senin (2/9/2019). (doc./hms)

SEMARANG Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bambang Kusriyanto dan Sukirman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pimpinan sementara DPRD Jawa Tengah masa jabatan 2019-2024.

Hal tersebut diketahui saat acara gladi bersih pengucapan sumpah janji DPRD yang dilakukan di ruang sidang Gedung Berlian, Senin (2/9/2019) siang. Turut hadir seluruh calon anggota dewan baru dan petahana yang berjumlah 120 orang mengikuti kegiatan tersebut.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabudin memastikan para calon anggota yang akan dilantik hadir. Adapun jumlah undangan yang disebar sebanyak 900 lembar.

“Kalau ada yang izin, maka pelantikannya menunggu pimpinan definitif,” ucap dia di sela-sela acara gladi bersih di lantai 4 Gedung Berlian.

Setelah pengucapan sumpah/janji selesai, lanjut Sekretaris DPRD, ada beberapa agenda yang harus diselesaikan. Terlebih dulu anggota DPRD menyusun peraturan tata tertib (tatib), membentuk fraksi, barulah kemudian pimpinan definitif.

“Untuk pimpinan DPRD masih mengacu UU No 23 yakni satu ketua dan empat wakil (PKB, Gerindra, PKS, Golkar). Tidak dipungkiri ada wacana dengan jumlah 120 anggota, jumlah wakil ketua ada lima orang. Terlepas itu semua sepenuhnya kami serahkan kepada anggota DPRD,” ucapnya.

Secara keseluruhan, DPRD Jateng masa bakti 2019-2024 akan gerak cepat untuk menyelesaikan sejumlah agenda-agenda kerja yang masih tersisa. Pertama menindaklanjuti evaluasi APBD 2019 dari Mendagri, dua menyelesaikan pengesahan beberapa raperda seperti Sarana Migas, Perhubungan. Terpenting adalah mengejar pengesahan RAPBD 2020.

Kami gerak cepat supaya tidak ada pekerjaan yang molor termasuk APBD 2020,” ucap Urip.(suarabaru.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here