Bagikan
KTP : Dengan menunjukkan KTP-el di TPS 04, Kelurahan Tempelan, Blora, warga yang datang pukul 12:00 WIB bisa menyalurkan hak pilihnya dengan baik. Foto : Wahono/

BLORA — Warga Kabupaten Blora pemegang hak pilih Pemilu 2019 tampak antusias datang ke TPS untuk mencoblos. Situasi kamtibmas hari H di kabupaten paling timur di Jateng aman, tertib, dan kondusif.

Komisi Pemelihan Umum (KPU) setempat, hingga berita ini diturunkan pukul 13:45 WIB, bisa bernafas lega, setelah tidak adanya laporan kejadian menonjol di 2.950 TPS yang tersebar di 295 desa-kelurahan.

Kapolres AKBP Antonius Anang, Dandim 0721/Blora Letkol (Inf) Ali Mahmudi, dan sejumlah pejabat Pemkab Blora, tidak mau duduk manis. Mereka keliling dari satu lokasi ke TPS lainnya.

“Sejak H-1, hingga saat ini, saya bersama Dandim terus muter. Kamtibmas aman, dan Kondusif,” jelas Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, Rabu (17/4)

Terpisah Ketua KPU setempat, Moh. Khamdun, mengaku lega dengan tidak adanya laporan kesalahan nonteknis logisitik pemilihan umum (Pemilu) 2019.

“Semua berjalan lancar, tidak ada surat suara (SS) tertukar, kalau belum ada alt coblos paku memang iya, tapi semua teratasi,” jelasnya.


KOTAK SUARA : Usai nyoblos (tusuk), Warga pemilih di TPS 04, Desa Jiken, Kecamatan Jiken, Blora, memasukkan surat suara (SS) dalam lima kotak suara. Foto : Wahono/

Luar Biasa

Coblosan berjalan lancar, dan logistik yang tertata baik, menurut Khandum, tidak lain berkat dukungan PPK dan PPS mulai proses packing hingga droping logsitik Pemilu 2019.

Khamdun menambahkan, saat packing kotak suara Pemilu 2019, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Penitia Pemungutan Suara (PPS) desa-kelurahan terkait, dilibatkan langsung dalamn proses packing logistik.

Jika pada hari H pemungutan suara (coblosan) berjalan lancar, tidak adanya masalah serius logistis Pemilu di tempat pemungutan suara (TPS), adalah berkat dukungan dan kerja keras jajaran PPK dan PPS.

TINTA : Usai mencoblos, petugas KPPS di Blora memberikan tanda tinta jari pada warga emilih. Foto : Wahono/

“Saat packing dan droping logistik, dukungan kawan-kawan PPK dan PPS luar biasa,” tandas Khandum.

Ditambahkan Khamdun, dukungan pengamanan sinergitas dari Polri dan TNI, juga luar biasa, sehingga KPU dan jajarannya merasa nyaman dan terbantukan.

Diberitakan sebelumnya, H-1 pemungutan suara (coblosan), dan hari H Pemilu, pengamanan personil Polisi, TNI dan Linmas fokus di semua TPS.

Kapolres AKBP Blora Antonius Anang, mengintruksikan anggotanya dilarang meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS), sebelum tahapan rampung dan aman.

“Anggota kami instruksikan memantau situasi, dan perkembangan di TPS masing masing,” tandasnya.

Tidak hanya memantau situasi, anggota yang bertugas mengamankan TPS dilarang pulang, dan jika perlu tidur di lokasi TPS demi keamanan Pemilu 2019.

“Anggota jangan meningalkan TPS, bila perlu tidur di dekat TPS demi Pemilu yang aman, dan kondusif,” tandas AKBP Anang saat Apel Siaga di Mapolres Blora. (suarabaru.id/Wahono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here